HUBUNGAN TEKANAN WAKTU DAN KELELAHAN DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN PADA PEKERJA TEKNISI PESAWAT TERBANG PT.X (Studi di Bandara International Soekarno Hatta, Cengkareng)

FANY TRISSIANA, 101311133065 (2017) HUBUNGAN TEKANAN WAKTU DAN KELELAHAN DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN PADA PEKERJA TEKNISI PESAWAT TERBANG PT.X (Studi di Bandara International Soekarno Hatta, Cengkareng). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.202.17 Tri f - Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.202.17 Tri f - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerjaan teknisi pesawat terbang merupakan pekerjaan dengan kategori high risk dimana pekerjaan tersebut memiliki tingkat risiko tinggi dengan tekanan waktu dan jam kerja yang tinggi pula sehingga menimbulkan kesalahan-kesalahan dalam bekerja yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan maupun dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tekanan waktu dan kelelahan dengan tindakan tidak aman pada pekerja teknisi pesawat terbang PT. X. Penelitian ini bersifat analitik observatif dengan rancang bangun cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah para pekerja teknisi pesawat terbang di Unit Out Station Line Maintenance PT. X dengan jumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui gambaran tekanan waktu dan kuisioner CIS-20 untuk mengetahui gambaran kelelahan serta lembar observasi untuk mengetahui tindakan tidak aman yang dilakukan oleh pekerja teknisi pesawat terbang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah responden yang mengalami tekanan waktu sebanyak 35,7% ,yang mengalami kelelahan sebanyak 48,6% dan yang melakukan tindakan tidak aman sebanyak 45,7%. Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tekanan waktu dan kelelahan dengan tindakan tidak aman dengan nilai p < 0,05. Nilai p hubungan tekanan waktu dan tindakan tidak aman p= 0,049 dan nilai p hubungan kelelahan dengan tindakan tidak aman p = 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tekanan waktu dan kelelahan dengan tindakan tidak aman pada pekerja teknisi pesawat terbang PT. X. Disarankan kepada perusahaan untuk memberikan sanksi yang tegas apabila mendapati pekerja melakukan tindakan tidak aman. Selain itu perlu diadakan pelatihan terkait safe work dan meninjau ulang mengenai jumlah tenaga kerja sehingga tidak membebani pekerja akibat kurangnya tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.202.17 Tri f
Uncontrolled Keywords: Teknisi pesawat terbang, tekanan waktu, kelelahan, tindakan tidak aman
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FANY TRISSIANA, 101311133065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dwiyanti, , Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 17:45
Last Modified: 06 Dec 2017 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item