REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN AKUISISI PADA SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR (PERBANDINGAN AKUISISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN KAS DAN SAHAM)

ANDHREE PRASETIYA NANGGALA, 040217434 (2011) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN AKUISISI PADA SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR (PERBANDINGAN AKUISISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN KAS DAN SAHAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-nanggalaan-15145-abstrak-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-nanggalaan-12618-b28110-r.pdf

Download (910kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengumuman akuisisi dengan metode pembayaran saham pasar merespon negative dan hasil uji stastistik memberikan hasil bahwa terdapat reaksi pasar. Hasil reaksi pasar yang masih negative dalam pereode pengujian memberikan sinyal bahwa pengumuman tersebut masih belum memberikan pendapatan yang menguntungkan bagi investor dan pasar alam jangka pendek. Pada akuisisi dengan metode pembayaran kas pasar merespon negative dan hasil uji statistik memberikan hasil bahwa tidak terdapat reaksi pasar. Hasil reaksi pasar yang masih negative dalam periode uji memberikan sinyal bahwa pengumuman tersebut masih belum memberikan pendapatan yang menguntungkan bagi investor dan pasar dalam jangka pendek. Sedangkan tidak diresponnya corporate action tersebut dimungkinkan karena akuisisi memberikan pengaruh negative bagi perusahaan akuisitor seprti resiko hutang perusahaan akan meningkat sehingga perusahaan akan menanggung beban bunga tinggi yang berpotensi mengganggu kelancaran kas perusahaan akuisitor. Faktor lainnya adalah akuisisi yang dilakukan dengan kas cenderung menyelamatkan anak perusahaan yang akan mengalami kesulitan liquiditas, sehingga motif konglomerasi mendominasi dalam hal ini sedangkan reaksi pasar terhadap motode pembayaran kas dan saham tedapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut bahwa model pembayaran terhadap perusahaan target akan memberikan implikasi kepada keuangan dan pendapatan akuisitor. Perbedaan yang signifikan tersebut terlihat dari nilai AAR dan CAAR pada perusahaan akuisitor yang melakukan pembayaran saham lebih besar dari pada metode pembayaran kas dikarenakan metode saham perusahaan melakukan ekspansi dalam jangka panjang yang tentu saja alam jangka pendek hal tersebut belum dapat dilihat. Faktor yang mempengaruhi adalah akuisisi yang dilakukan dengan metode pembayaran kas di Indonesia cenderung dengan motif konglomerasi sehingga yang seharusnya merespon positif terlihat melalui AAR dan CAAR positif sulit terlaksana, dimana pasar merespon hal tersebut harus dilakukan demi menyematkan anak perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 281/10 Nan p
Uncontrolled Keywords: RATE OF RETURN; MARKET SHARE; STOCK EXCHANGES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANDHREE PRASETIYA NANGGALA, 040217434UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDJONI BUDIARDJO, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 24 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item