STRATEGI BERSAING BAGI PT X CABANG SURABAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN COMPETITIVE ADVANTAGE

ANWAR WIJAYANTO, 041314353028 (2017) STRATEGI BERSAING BAGI PT X CABANG SURABAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN COMPETITIVE ADVANTAGE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS ANWAR.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penurunan kondisi bisnis di sektor pertambangan memberikan dampak negatif terhadap penjualan alat berat secara nasional yaitu menurunnya permintaan terhadap alat berat. Namun dengan peningkatan permintaan alat berat di sektor konstruksi khususnya di wilayah Jawa Timur ternyata tidak juga membawa dampak positif bagi penjualan produk merek KCM yang diageni oleh PT X Cabang Surabaya di Jawa timur dan justru mengalami penurunan market share. PT. X Surabaya perlu melakukan evaluasi untuk bisa menjalankan strategi yang tepat untuk memenuhi targetnya memenangkan kembali market share minimal 50% dengan tetap mendapatkan profit yang bagus yaitu dengan cara mengeksplorasi kekuatan internal yang dimiliki serta mengidentifikasi tantangan dari luar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif, karena digunakan untuk menggali informasi dengan tujuan mengidentifikasi sesuatu hal yang dibutuhkan untuk membuat rancangan strategi bersaing yang tepat pada PT. X Surabaya. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja strategi analisis yang didalamnya terdapat analisis lingkungan eksternal dan Internal yang terdiri atas Strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) dan diamond analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, maka diketahui bahwa untuk mempertahankan positioning PT. X Surabaya saat ini perlu melakukan diferensiasi terutama dalam meningkatkan penjualan Excavator di kelas 20 Ton dan perlu strategi yang fokus pada sektor konstruksi untuk meningkatkan market share sehingga memenangkan persaingan di sektor konstruksi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 47/17 Wij s
Uncontrolled Keywords: Strategi, PT. X Surabaya, SWOT Analisis, Five Diamond Strategy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANWAR WIJAYANTO, 041314353028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadri Munir Sukoco, Prof. , SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 23:58
Last Modified: 28 Sep 2017 23:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62000
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item