TINGKAT HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEBIASAAN POLA KONSUMSI KALSIUM DAN KEGIATAN BERJEMUR PADA KELOMPOK RISIKO OSTEOPOROSIS RENDAH DAN KELOMPOK RISIKO OSTEOPOROSIS TINGGI

ERLIZA ANGGRAINI FIRDAUS, 101411123052 (2017) TINGKAT HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEBIASAAN POLA KONSUMSI KALSIUM DAN KEGIATAN BERJEMUR PADA KELOMPOK RISIKO OSTEOPOROSIS RENDAH DAN KELOMPOK RISIKO OSTEOPOROSIS TINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img] Text (Fulltext)
FKM. 242-17 Fir t - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 242-17 Fir t - abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoporosis sering kita jumpai saat ini. Penyakit yang mengejutkan banyak masyarakat terutama pada usia menengah ke atas. Osteoporosis sering kita jumpai pada wanita lanjut usia atau lansia. Namun pria juga dapat terkena penyakit ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat hubungan pengetahuan dengan kebiasaan pola konsumsi kalsium dan kegiatan berjemur pada risiko rendah osteoporosis dan risiko tinggi osteoporosis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menggunakan rancangan studi analitik observasional korelasi. Sampel penelitian ini adalah anggota kelompok senam osteoporosis yang memiliki risiko rendah dan tinggi terkena osteoporosis. Instrumen yang yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar kuisioner, FFQ (Food Frequency Questionare ), dan Food Recall 24 jam. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa peluang nilai Chi-square antara kebiasaan pola konsumsi kalsium dan kegiatan berjemur pada kelompok risiko osteoporosis rendah dan kelompok risiko osteoporosis tinggi lebih dari 0,05. Sedangkan peluang nilai Chi-square antara tingkat pengetahuan dengan kelompok risiko osteoporosis rendah dan kelompok risiko osteoporosis tinggi kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hanya tingkat pengetahuan saja yang memiliki hubungan signifikan terhadap risiko osteoporosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 242-17 Fir t
Uncontrolled Keywords: Risiko, Osteoporosis, Pengetahuan, Pola Konsumsi, Kalsium
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ERLIZA ANGGRAINI FIRDAUS, 101411123052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorR. Bambang W, Prof.,dr., M.S., M.CN., Ph.D., Sp.GKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:24
Last Modified: 08 Dec 2017 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item