PROSES PERUBAHAN PERILAKU PADA PESERTA PROGRAM PENGENDALIAN OBESITAS DI VICO INDONESIA, KALIMANTAN (Studi Kasus Program New Me Periode Maret - Juni 2016)

KHANSA NADRA, 101311133184 (2017) PROSES PERUBAHAN PERILAKU PADA PESERTA PROGRAM PENGENDALIAN OBESITAS DI VICO INDONESIA, KALIMANTAN (Studi Kasus Program New Me Periode Maret - Juni 2016). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img] Text (Fulltext)
FKM. 245-17 Nad p - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 245-17 Nad p - abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas atau kegemukan adalah ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dibanding energi yang keluar. Obesitas apabila tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit paru, penyakit tulang, dan sebagainya. Pekerja merupakan aset bagi perusahaan. Pekerja yang sering sakit akan membuat produktifitas perusahaan menurun. VICO Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang melakukan tindakan preventif terhadap pekerjanya khususnya dengan perbaikan pola hidup melalui program new me. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses perubahan perilaku pekerja peserta program new me periode Maret 2016 - Juni 2016 di VICO Indonesia. Penelitian dilakukan di VICO Indonesia, Kalimantan Timur, dengan rancangan studi kasus metode deskriptif pendekatan kualitatif. Instrument dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dengan informan peserta berjumlah 10 orang, dan informan fasilitator berjumlah 3 orang. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah konsep program new me, perkembangan peserta pada tahap contemplation, preparation, action, maintenance, dan termination. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa New Me adalah program pengelolaan berat badan untuk para pekerja yang memiliki resiko obesitas dan memiliki riwayat penyakit kronis. Perkembangan peserta pada tiap tahap memiliki respon yang berbeda. dan pada tahap akhir/termination, ditemukan bahwa ada peserta yang perilakunya kembali seperti sebelum mengikuti program new me. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah proses perubahan perilaku tidak dapat disama-ratakan antar peserta. Para peserta memiliki alasan dan komitmen yang berbeda, sehingga perlu adanya upaya tertentu yang dapat membuat peserta meneruskan perubahan perilakunya, walaupun program telah berakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 245-17 Nad p
Uncontrolled Keywords: Proses Perubahan Perilaku, Obesitas, New Me
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
KHANSA NADRA, 101311133184UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPulung Siswantara, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:28
Last Modified: 08 Dec 2017 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item