FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN TERHADAP SOP PADA PEKERJA DI KETINGGIAN ( Studi pada Pekerja Pemasangan Kaca PT Sri Murni di Proyek Konstruksi Tunjungan Plaza 6 Surabaya)

FHANIN DYANITA, 101311133038 (2017) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN TERHADAP SOP PADA PEKERJA DI KETINGGIAN ( Studi pada Pekerja Pemasangan Kaca PT Sri Murni di Proyek Konstruksi Tunjungan Plaza 6 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 247-17 Dya f - abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 247-17 Dya f - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menerapkan SOP (Standar dan Operasional Prosedur) merupakan salah satu upaya untuk melindungi pekerja dari bahaya kecelakaan kerja, terutama untuk pekerjaan dengan risiko tinggi seperti pekerjaan yang dilakukan di ketinggian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pekerja pemasangan kaca PT Sri Murni terhadap SOP bekerja di ketinggian di proyek konstruksi Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Subyek penelitian ini adalah sampel pekerja yang diambil menggunakan rumus simple random sampling dan didapatkan jumlah 33 responden. Data yang tersedia disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang kemudian dianalisis secara statistik chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pekerja patuh terhadap SOP bekerja di ketinggian. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pengetahuan (p=0,010; r=0,447) dan komunikasi (p=0,016; r=0,418) sebagai faktor yang berhubungan signifikan dengan kepatuhan SOP bekerja di ketinggian dan memiliki kuat hubungan sedang. Kepribadian (p=0,656), pelatihan, ketersediaan APD (p=0,159), dan pengawasan HSE atau pihak safety (p=0,464) tidak berhubungan dengan kepatuhan SOP bekerja di ketinggian. Saran berdasarkan hasil penelitian kepada perusahaan adalah meningkatkan pengetahuan bagi pekerja melalui safety talk atau training, dan pihak HSE atau safety agar lebih mengawasi pekerja saat melakukan pekerjaan agar para pekerja lebih patuh terhadap SOP. Perusahaan juga sebaiknya menyediakan APD sesuai dengan jumlah pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 247-17 Dya f
Uncontrolled Keywords: standar dan operasional prosedur, kepatuhan, budaya keselamatan, bekerja di ketinggian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FHANIN DYANITA, 101311133038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoeroel Widajati, Dr., S.KM.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:32
Last Modified: 08 Dec 2017 00:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62095
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item