ANALISIS UDARA AMBIEN (NO2 DAN SO2) DI WILAYAH KALIANAK SURABAYA DAN RISIKO GANGGUAN PERNAPASAN PADA MASYARAKAT SEKITAR

ANI MASITO, 101311133018 (2017) ANALISIS UDARA AMBIEN (NO2 DAN SO2) DI WILAYAH KALIANAK SURABAYA DAN RISIKO GANGGUAN PERNAPASAN PADA MASYARAKAT SEKITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 249-17 Mas a - abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 249-17 Mas a - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor transportasi merupakan penyumbang pencemaran udara paling tinggi akibat emisi kendaraan bermotor. Gas pencemar udara yang memiliki dampak nyata terhadap kesehatan, terutama sistem pernapasan adalah NO2 dan SO2. Wilayah Kalianak Surabaya merupakan salah satu daerah dengan kepadatan lalu lintas tinggi >1.500 kendaraan tiap jam, dimana selain kendaraan pribadi, kendaraan berat seperti truk dan tronton juga sering melewati jalur ini. Masyarakat paling terdampak adalah masyarakat yang tinggal di sepanjang jalan raya Kalianak. Penelitian ini bertujuan menganalis udara ambien (NO2 dan SO2) di wilayah Kalianak Surabaya dan risiko gangguan pernapasan pada masyarakat sekitar. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan pendekatan cross sectional. Sampel responden dilakukan dengan teknik probability sampling sebesar 19 responden. Kuisioner digunakan untuk mengetahui keluhan pernapasan responden, sedangkan spirometer digunakan untuk mengetahui status fungsi paru. Variabel yang diteliti adalah usia, jenis kelamin, lama tinggal, kebiasaan merokok, dan Indeks Massa Tubuh (IMT). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode ARKL. Hasil ARKL menunjukkan bahwa masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut tidak aman dengan konsentrasi NO2 sesuai dengan hasil pengukuran. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden mengalami gangguan pernapasan (68,4%) dengan mayoritas responden berusia 46-55 tahun (31,6%), responden perempuan (42,1%), lama tinggal >20 tahun (47,4%), responden bukan perokok (47,4%), dan Indeks Massa Tubuh normal (36,8%). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah kualitas udara ambien (NO2 dan SO2) di wilayah Kalianak Surabaya masih memenuhi baku mutu, tetapi terdapat nilai RQ>1 untuk parameter NO2 sehingga tingkat risikonya tidak aman. Disarankan agar ada upaya untuk melakukan pengendalian pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas kendaraan bermotor terutama pada wilayah padat lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 249-17 Mas a
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan, emisi kendaraan bemotor, polutan udara ambien (NO2 dan SO2), gangguan pernapasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANI MASITO, 101311133018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirih Yudhastuti, Prof.Dr,drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:35
Last Modified: 08 Dec 2017 00:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item