HUBUNGAN PENGARUH INTERPERSONAL DAN SITUASIONAL DENGAN UPAYA PREVENTIF KANKER PAYUDARA PADA PEREMPUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA

Chiza Ulazzuharo, 131211133031 (2016) HUBUNGAN PENGARUH INTERPERSONAL DAN SITUASIONAL DENGAN UPAYA PREVENTIF KANKER PAYUDARA PADA PEREMPUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 143-17 Ula h Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 143-17 Ula h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker payudara merupakan jenis kanker dengan jumlah penderita terbanyak di Surabaya, termasuk di wilayah kerja Puskesmas Kenjeran. Dari hasil wawancara dengan perempuan usia subur di puskesmas Kenjeran, masih banyak perempuan yang belum melakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan perempuan terhadap kanker payudara yang masih rendah dapat mengakibatkan sekitar 80% dari total keseluruhan penderita kanker baru berobat ketika sudah mencapai stadium lanjut, sehingga hal ini dapat menurunkan keberhasilan pengobatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh interpersonal dan situasional dengan upaya pencegahan kanker payudara pada perempuan usia subur. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi wanita usia subur di kelurahan Bulak dan kelurahan Kenjeran pada tahun 2016 sebanyak 5.340 orang. Besar sampel 100 responden perempuan usia subur, dengan menggunakan cluster sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pengaruh interpersonal dan situasional. Variabel dependen adalah upaya pencegahan primer dan sekunder kaker payudara. Data dianalisis menggunakan uji statistik Spearman’s rho untuk mengetahui variabel yang berhubungan dengan upaya pencegahan kanker payudara. Penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pengaruh interpersonal dan upaya pencegahan kanker payudara p = 0,150 (α ≤ 0,05). Sedangkan variabel situasional dengan upaya pencegahan kanker payudara pada perempuan usia subur menghasilkan p = 0,043 (α ≤ 0,05). Pengaruh interpersonal tidak memiliki hubungan dengan upaya pencegahan kanker payudara pada perempuan usia subur dan pengaruh situasional memiliki hubungan dengan upaya pencegahan kanker payudara pada perempuan usia subur. Pengaruh interpersonal tidak dapat meningkatkan upaya pencegahan kanker payudara di wilayah kerja Puskesmas Kenjeran, sedangkan pengaruh situasional dapat meningkatkan upaya preventif kanker payudara di wilayah kerja Puskesmas Kenjeran Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.143/17 Ula h
Uncontrolled Keywords: Wanita Usia Subur, Kanker Payudara, Health Promotion Models, Pengaruh Interpersonal, Pengaruh Situasional, Upaya Preventif.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Chiza Ulazzuharo, 131211133031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNi Ketut Alit Armini, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorAria Aulia Nastiti, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Dec 2017 22:50
Last Modified: 07 Dec 2017 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62129
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item