TRANSFORMASI BOX-COX UNTUK MENGATASI HETEROSKEDASTISITAS PADA REGRESI LINIER GANDA (Studi pada Angka Harapan Hidup di Jawa Timur Tahun 2015)

Arief Wibowo, Dr., dr., M.S. (2017) TRANSFORMASI BOX-COX UNTUK MENGATASI HETEROSKEDASTISITAS PADA REGRESI LINIER GANDA (Studi pada Angka Harapan Hidup di Jawa Timur Tahun 2015). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 264-17 Dan t - abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 264-17 Dan t - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu asumsi yang harus terpenuhi dalam analisis regresi adalah asumsi homoskedastisitas. Apabila asumsi tidak terpenuhi maka data dapat dikatakan mengalami heteroskedastisitas yang dapat berpengaruh pada penaksir yang dihasilkan menjadi tidak efisien dan model persamaan regresi menjadi kurang tepat. Penelitian ini dilaksanakan untuk menerapkan metode transformasi Box-Cox untuk mengatasi heteroskedastisitas pada regresi linier ganda. Studi kasus pada penelitian ini adalah angka harapan hidup (AHH) di Provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi AHH di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat non reaktif karena menggunakan data sekunder berupa data publikasi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS JATIM) pada tahun 2015. Unit analisis dari penelitian ini adalah kabupaten/kota yang terdapat di Provinsi Jawa Timur sebanyak 38 kabupaten/kota. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah AHH dan variabel bebas terdiri dari angka kematian bayi (AKB), angka kesakitan penduduk dan persentase penduduk yang berobat jalan ke puskesmas. Hasil penelitian didapatkan bahwa transformasi Box-Cox dapat digunakan untuk mengatasi heteroskedastisitas pada regresi linier ganda dengan menggunakan nilai lamda (λ) = 5 sehingga didapatkan model transformasi adalah Yλ =Y5. Persamaan model regresi yang didapatkan adalah 2622101444,399 - 18698445,884*(AKB). Model regresi yang didapatkan menunjukkan bahwa AKB merupakan faktor yang mempengaruhi AHH. Semakin tinggi AKB maka semakin rendah AHH, dan sebaliknya sehingga salah satu upaya peningkatan AHH dapat dilakukan dengan mencegah terjadinya kematian bayi di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 264-17 Dan t
Uncontrolled Keywords: Heteroskedastisitas, transformasi Box-Cox, angka harapan hidup
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Arief Wibowo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBQ. LINA SEPTI DANASARI, 101311133088UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 22:53
Last Modified: 10 Dec 2017 22:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item