UPAYA PEMASARAN PENGOBATAN KATARAK DI RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR

DIDI INTAN PRATIWI, 101311133107 (2017) UPAYA PEMASARAN PENGOBATAN KATARAK DI RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.205.17 Pra u - Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.205.17 Pra u - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSMM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota dan Puskesmas dalam melakukan skrining mata sebagai upaya pencegahan penyakit katarak. Pasien yang telah dinyatakan positif katarak dari hasil skrining dirujuk untuk melakukan pengobatan di RSMM. Namun berdasarkan data yang didapat di RSMM Jawa Timur menunjukkan sebesar 66,55% pasien yang dirujuk tidak melakukan pengobatan di RSMM. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap perilaku pasien skrining dalam keputusan melakukan pengobatan katarak, untuk disusun upaya pemasaran guna meningkatkan kujungan pasien skrining dalam berobat katarak di RSMM Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perilaku pasien dalam keputusan pengobatan katarak untuk meningkatkan kunjungan pasien rujukan program skrining tahun 2017 di RSMM Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dilaksanakan pada bulan april sampai juli 2017. Unit analisis pada penelitian ini adalah pasien skrining mata Surabaya yang dirujuk ke RSMM untuk berobat Katarak. Responden ditentukan dengan cara simple random sampling minimal, dan dilakukan survei wawancara langsung dengan instrumen kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian perilaku pasien dalam keputusan pengobatan tidak sepenuhnya melalui tahapan proses pengambilan keputusan. Pasien yang berobat ke RSMM sebagian besar adalah pasien dengan kalas ekonomi menengah ke bawah. Pasien yang tidak berobat ke RSMM banyak yang melakukan evaluasi terhadap jarak. Pasien yang memutuskan tidak berobat memiliki alasan takut operasi dan tidak diizinkan keluarga. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu upaya pemasaran yang dapat dilakukan berdasarkan atas perilaku konsumen diantaranya; mengadakan sosialisasi kepada pasien mengenai pengobatan katarak di RSMM, meningkatkan upaya promosi dengan membuat media promosi poster, leaflet, brosur atau website, bekerjasama dengan Puskesmas dalam rujukan pengobatan katarak, serta meningkatkan kepuasan pasien dengan cara memperbaiki pelayanan dan meminta saran perbaikan kepada pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.205.17 Pra u
Uncontrolled Keywords: perilaku pasien, keputusan pengobatan, katarak, upaya pemasaran.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DIDI INTAN PRATIWI, 101311133107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThinni Nurul Rochmah, Dr., Dra. Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:06
Last Modified: 10 Dec 2017 23:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item