EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI DAN PENERAPAN APLIKASI KESEHATAN PADA SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA

NAFIJAH MULIAH, 101311133181 (2017) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI DAN PENERAPAN APLIKASI KESEHATAN PADA SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.207.17 Mul e - Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.207.17 Mul e - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit degeneratif atau tidak menular. Salah satu cara untuk mencegah obesitas yaitu dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Cara untuk meningkatkan aktivitas fisik salah satunya adalah melalui motivasi dari orang lain melalui pendidikan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pendidikan gizi dan penerapan aplikasi kesehatan terhadap peningkatan aktivitas fisik mahasiswa. Rancang bangun penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dimana peneliti memberikan intervensi pada subjek penelitian. Terdapat dua kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Kelompok perlakuan I diberikan intervensi pendidikan dan penerapan aplikasi kesehatan, kelompok perlakuan II dilakukan penerapan penggunaan aplikasi kesehatan dan kelompok kontrol. Pengukuran pada subjek dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 responden dengan randomized control group. Uji statistik menggunakan uji T berpasangan one way Anova, wilcoxon sign test, dan uji Kruskal-Wallis. Jurusan kuliah responden sebagian besar adalah S1 Kesehatan Masyarakat. Umur responden berkisar antara 18-22 tahun. Sebagian besar responden adalah perempuan dan tempat tinggal responden sebagian besar di kos/asrama. Terdapat perbedaan yang nyata pada variabel kontrol terhadap perilaku antar kelompok (p=0,045) dimana kelompok perlakuan I memiliki kontrol terhadap perilaku yang lebih tinggi setelah diberikan perlakuan dibanding kelompok II (p=0,027) dan kelompok kontrol (p=0,032). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pendidikan gizi dan penerapan aplikasi kesehatan efektif untuk meningkatkan kontrol terhadap perilaku responden dalam melakukan aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.207.17 Mul e
Uncontrolled Keywords: obesitas, pendidikan gizi, aplikasi kesehatan pada smartphone, theory of planned behavior
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NAFIJAH MULIAH, 101311133181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrias Mahmudiono, , S.KM., M.PH. (Nutr)., GCAS., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:10
Last Modified: 10 Dec 2017 23:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item