KEAMANAN TAHU PONG DITINJAU DARI PENGGUNAAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN DAN PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINTS (HACCP) DI UD GLORIA "PUSAT TAHU PONG" JOMBANG

MAHMUDAH WATI SUGITO, 101311133008 (2017) KEAMANAN TAHU PONG DITINJAU DARI PENGGUNAAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN DAN PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINTS (HACCP) DI UD GLORIA "PUSAT TAHU PONG" JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.213.17 Sug k - Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.213.17 Sug k - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keamanan pangan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya terkait rendahnya pengetahuan, keterampilan dan tanggung jawab produsen pangan tentang mutu dan keamanan pangan.Produk tahu memiliki daya simpan yang singkat sehingga produsen dapat menambahkan bahan tambahan pangan. Teknologi pengolahan yang masih sederhana dan melibatkan tenaga kerja secara langsung dalam menjamah makanan, sehingga dalam setiap proses produksi tahu perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian mutu, mulai dari penerimaan bahan baku, proses produksi, hingga produk siap didistribusikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keamanan tahu pong ditinjau dari penggunaan bahan tambahan pangan dan penerapan HACCP "Pusat Tahu Pong" Jombang. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah total populasi yaitu 32 pekerja penjamah makanan yang sesuai dengan kriteria inklusi, dan sampel bahan yang diuji yaitu air, dan tahu pong. Data yang tersedia disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan penjamah makanan berkategori sedang (40,6%), sikap penjamah makanan sebagian besar berkategori cukup (53,1%), praktik higiene sanitasi penjamah makanan sebagian besar berkategori sedang (50,0%). Identifikasi titik kritis penerapan HACCP pada proses produksi tahu pong yaitu tahap perendaman kedelai, pemasakan bubur kedelai, penyaringan, penggumpalan dengan asam cuka, pemotongan tahu, perendaman tahu pong dalam air, dan penyimpanan. Saran kepada industri rumah tangga tahu pong adalah memberikan pelatihan tentang higiene sanitasi makanan kepada penjamah makanan, memberikan arahan kepada penjamah makanan tentang pemakaian Alat Pelindung Diri, serta pemeriksaan laboratorium secara berkala terkait dengan kualitas kimia dan bakteriologis air, serta keamanan produk tahu pong yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.213.17 Sug k
Uncontrolled Keywords: Keamanan pangan, bahan tambahan pangan, higiene sanitasi, HACCP
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
MAHMUDAH WATI SUGITO, 101311133008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnnis Catur Adi, Dr., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:18
Last Modified: 10 Dec 2017 23:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item