PENJADWALAN CREW PENERBANGAN DENGAN HYBRID ALGORITMA HARMONY SEARCH (HS) DAN TABU SEARCH (TS)

RIZKI FAJAR FEBRIANTO, 081211233027 (2017) PENJADWALAN CREW PENERBANGAN DENGAN HYBRID ALGORITMA HARMONY SEARCH (HS) DAN TABU SEARCH (TS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPM.02-17 Feb p Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM.02-17 Feb p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (777kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Crew Pairing bertujuan untuk himpunan pairing dengan biaya minimal yang melaksanakan semua penerbangan yang telah ditentukan oleh jadwal penerbangan. Berdasarkan hal tersebut, penulisan skripsi ini bertujuan untuk penyelesaikan penjadwalan crew penerbangan dengan menggunakan Hybrid algoritma Harmony Search dan Tabu Search. Algoritma Harmony Search adalah algoritma yang terinspirasi dari proses pencarian perpaduan nada agar memperoleh harmoni musik yang indah. Ini sama halnya dengan proses optimasi yang mencari solusi yang optimal berdasarkan fungsi tujuannya dengan cara membangkitkan vektor solusi awal dan dibandingkan vektor solusi baru. Parameter yang digunakan Harmony Memory Considering Rate, bandwidth, epsilon dan Pitch Adjusting Rate. Algoritma Tabu Search adalah suatu metode pencarian yang berbasis pada local search, dimana pada pencariannya memilih solusi terbaik neighbourhood, solusi sekarang yang tidak tergolong solusi terlarang (tabu). Dengan menggunakan parameter yang bervariasi dan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ untuk mendapatkan solusi yang optimal, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa semakin kecil jumlah harmony memory dan semakin besar maksimal iterasi maka solusi yang didapatkan semakin mendekati solusi yang tebaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.02/17 Feb p
Uncontrolled Keywords: Hybrid, Algoritma, Harmony Search, Tabu Search, Masalah Penjadwalan Crew Penerbangan, Crew Pairing,.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZKI FAJAR FEBRIANTO, 081211233027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHerry Suprajitno, Dr. ,M.Si.UNSPECIFIED
ContributorAuli Damayanti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 08 Dec 2017 00:24
Last Modified: 08 Dec 2017 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item