SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLINIS PENYAKIT PNEUMONIA PADA ANAK BERBASIS ALGORITMA MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT DENGAN LOGIKA FUZZY

NOER AIDA TRIANDINI, 081211232014 (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLINIS PENYAKIT PNEUMONIA PADA ANAK BERBASIS ALGORITMA MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT DENGAN LOGIKA FUZZY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPM.08-17 Tri s Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM.08-17 Tri s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang timbul di dunia ini terkadang seringkali memiliki jawaban yang tidak pasti. Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang tidak pasti. Skripsi ini membahas penerapan logika fuzzy pada Sistem Pendukung Keputusan Klinis Penyakit Pneumonia pada anakBerbasis Algoritma Manajemen Terpadu Balita Sakit dengan Logika Fuzzy menggunakan metode Mamdani. Tujuannya adalah menyusun algoritma serta mengimplementasikan algoritma tersebut dalam contoh kasus. Langkah-langkah dalam Sistem Pendukung Keputusan Klinis Penyakit Pneumonia pada anak Berbasis Algoritma Manajemen Terpadu Balita Sakit dengan Logika Fuzzy ini yang pertama adalah menyusun aturan-aturan if-then yang akan menentukan output yang dihasilkan, kedua menentukan input yang berasal dari gejala-gejala penyakit pneumonia yang dialami pasien. Yang ketiga adalah mengubah seluruh variabel input ke bentuk himpunan fuzzy, keempat menentukan ╬▒predikat menggunakan fungsi implikasi MIN, kelima menentukan nilai output yang terbesar dengan metode MAX dan terakhir melakukan proses defuzzifikasi dengan metode Centroid sehingga akan diperoleh hasil yang diinginkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah diagnosis penyakit pneumonia, saran untuk orang tua pasien dan tanggal kunjungan ulang untuk melakukan pemeriksaan kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.08/17 Tri s
Uncontrolled Keywords: gejala penyakit pneumonia, logika fuzzy, metode Mamdani, Centroid, SPKK, MTBS
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NOER AIDA TRIANDINI, 081211232014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdi Winarko, Drs., M.Cs.UNSPECIFIED
ContributorAuli Damayanti, S.Si.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 10 Dec 2017 17:57
Last Modified: 10 Dec 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item