HYBRID BAT ALGORITHM DAN HARMONY SEARCH UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP)

AYUSTINIA FARNIDA RAMADHANI, 081211231004 (2017) HYBRID BAT ALGORITHM DAN HARMONY SEARCH UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPM.25-17 Ram h Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM.25-17 Ram h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2020.

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) merupakan salah satu permasalahan penempatan lokasi yang akan dibangun fasilitas dengan kapasitas customer yang dilayani oleh masing-masing fasilitas diasumsikan tidak terbatas, sehingga diperoleh biaya total minimum. Skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan UFLP menggunakan Bat Algorithm (BA) dengan Harmony Search (HS). Bat Algorithm adalah suatu algoritma pencarian metaheuristik yang terinspirasi dari perilaku ekolokasi kelelawar sebagai signal untuk menentukan mangsa dan merasakan jarak. Bat Algorithm memiliki dua langkah penyelesaian utama, yakni perbaruan kecepatan dan posisi bat serta pencarian solusi baru dengan menggunakan local search. Harmony Search adalah metode metaheuristik yang terinspirasi dari improvisasi musik untuk menciptakan suatu harmoni musik yang lebih indah. Harmony Search sendiri memiliki tiga langkah utama, yakni penentuan solusi dengan perbandingan nilai HMCR, penentuan solusi baru dengan perbandingan nilai PAR, dan penyesuaian solusi menggunakan bandwitdh. Metode ini akan diimplementasikan pada data kecil yang terdiri dari 10 lokasi dan 15 customer serta data besar yang terdiri dari 50 lokasi dan 50 customer dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ dan dengan menggunakan variasi nilai pada parameter popsize, maksimum iterasi dan pulse rate. Berdasarkan pada hasil implementasi, semakin tinggi iterasi dan lebih banyak popsize yang digunakan maka solusi yang diperoleh semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.25/17 Ram h
Uncontrolled Keywords: Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP), Bat Algorithm, Harmony Search, Hybrid Bat Algorithm dan Harmony Search
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
AYUSTINIA FARNIDA RAMADHANI, 081211231004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerry Suprajitno, Dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorAuli Damayanti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 10 Dec 2017 18:32
Last Modified: 10 Dec 2017 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item