ANALISIS PM 2,5, FAKTOR PERILAKU, DAN GANGGUAN FUNGSI PARU PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI INDUSTRI PUPUK ORGANIK CV CITRA MANDIRI KABUPATEN NGANJUK

IMFATUL TRIA NUR AZIZAH, 101311133013 (2017) ANALISIS PM 2,5, FAKTOR PERILAKU, DAN GANGGUAN FUNGSI PARU PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI INDUSTRI PUPUK ORGANIK CV CITRA MANDIRI KABUPATEN NGANJUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.230.17 Azi a - Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.230.17 Azi a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

CV Citra Mandiri merupakan industri pupuk organik yang menggunakan bahan baku pupuk kandang. Proses produksi menghasilkan Particulate Matter 2,5 (PM2,5) yang berupa debu dan asap. PM2,5 dapat terhirup oleh pekerja dan tertahan sampai alveolus sehingga berisiko menyebabkan gangguan fungsi pada pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis PM2,5, faktor perilaku, dan gangguan fungsi paru pada pekerja bagian produksi CV Citra Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian menggunakan total populasi yaitu sebanyak 10 pekerja bagian produksi yang bekerja di dalam ruangan. Kadar PM2,5 lingkungan diukur dengan alat Haz-dust EPAM 5000, kadar PM2,5 terhirup diukur dengan alat personal dust sampler, dan gangguan fungsi paru diukur dengan spirometer. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kadar PM2,5 lingkungan yang melebihi Nilai Ambang Batas atau > 3 mg/m3 adalah bagian pembuatan granul, pemanasan, dan pengemasan. PM2,5 terhirup yang melebihi NAB adalah pada 2 pekerja bagian pemanasan dan pengemasan. Pekerja yang mengalami gangguan fungsi paru sebanyak 40%, dengan kriteria 30% obstruksi dan 10% restriksi. Kesimpulan penelitian ini adalah gangguan fungsi paru lebih banyak terjadi pada responden dengan usia 41 – 60 tahun, masa kerja < 5 tahun, pernah bekerja di tempat lain sebelum bekerja di CV Citra Mandiri, selalu menggunakan kain sebagai alat pelindung pernafasan, serta pada perokok dan bukan perokok. Saran bagi pemilik CV Citra Mandiri adalah membuat ventilasi, menyediakan respirator yang tepat, melakukan pemeriksaan fungsi paru secara berkala dan memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.230.17 Azi a
Uncontrolled Keywords: PM2,5, faktor perilaku, fungsi paru, pekerja bagian produksi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IMFATUL TRIA NUR AZIZAH, 101311133013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCorie Indria Prasasti, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:41
Last Modified: 10 Dec 2017 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item