ANALISIS HUBUNGAN HIGIENE PETERNAK DAN SANITASI KANDANG TERHADAP KELUHAN KESEHATAN PADA PETERNAK SAPI PERAH DI DESA MURUKAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

RIZQI ZUROIDA, 101311133009 (2017) ANALISIS HUBUNGAN HIGIENE PETERNAK DAN SANITASI KANDANG TERHADAP KELUHAN KESEHATAN PADA PETERNAK SAPI PERAH DI DESA MURUKAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.231.17 Zur a - Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.231.17 Zur a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peternak sapi perah bekerja di lingkungan yang berisiko terhadap timbulnya keluhan kesehatan. Keluhan kesehatan yang dapat dirasakan oleh peternak antara lain keluhan pada kulit, keluhan pencernaan dan keluhan pernafasan. Faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya keluhan kesehatan antara lain higiene peternak dan kondisi sanitasi kandang ternak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan higiene peternak dan sanitasi kandang terhadap keluhan kesehatan pada peternak sapi perah di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 orang yang diberi perlakuan wawancara dan observasi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu higiene peternak dan sanitasi kandang. Sedangkan variabel terikat adalah keluhan kesehatan yang dirasakan oleh peternak sapi perah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel higiene peternak, responden memiliki higiene yang cukup. Hasil uji chi square menunjukkan adanya hubungan antara higiene peternak dengan keluhan kesehatan peternak dengan nilai p=0,027. Sedangkan pada variabel sanitasi kandang, hasil uji chi square tidak menunjukkan adanya hubungan antara sanitasi kandang dengan keluhan kesehatan peternak dengan nilai p=0,710. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peternak sapi perah yang mempunyai higiene cukup dapat berisiko untuk mengalami keluhan kesehatan. Sehingga diperlukan suatu tindakan pencegahan dalam rangka menjaga derajat kesehatan peternak sapi perah. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan antara lain: memakai APD saat bekerja, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta mandi dan mengganti pakaian setelah bekerja di kandang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.231.17 Zur a
Uncontrolled Keywords: peternak sapi perah, higiene peternak, sanitasi kandang, keluhan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIZQI ZUROIDA, 101311133009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorR. Azizah, Dr., S.H., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:46
Last Modified: 10 Dec 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62378
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item