PENGARUH KENAIKAN HARGA ROKOK TERHADAP NIAT MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS AIRLANGGA UNTUK BERHENTI MEROKOK

SITI AIFATUS SOLEKHAH, 101311133036 (2017) PENGARUH KENAIKAN HARGA ROKOK TERHADAP NIAT MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS AIRLANGGA UNTUK BERHENTI MEROKOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.237.17 Sol p - Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.237.17 Sol p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

WHO memprediksi bahwa tahun 2030 akan terjadi kematian akibat rokok sebanyak 8 juta orang setiap tahun, 80% diantaranya terjadi di negara miskin dan berkembang. Sebagian besar orang pertama kali merokok pada saat usia remaja. Harga rokok di Indonesia termasuk paling rendah di ASEAN sebesar USD 1,24 per bungkus. Murahnya harga rokok di Indonesia menjadi faktor pemicu terus bertambahnya jumlah perokok. Berita kenaikan harga rokok hingga Rp50.000 belakangan ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Munculnya wacana kenaikan tarif cukai dan harga rokok mencapai Rp50.000 dilatarbelakangi oleh hasil penelitian universitas di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh terkait kenaikan harga rokok dengan niat berhenti merokok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Instrument dalam penelitian ada pada kuesioner. Responden pada penelitian berjumlah 110 orang perokok aktif yang berstatus sebagai mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Background factor usia dan uang saku mempengaruhi sikap responden dalam berperilaku merokok. Mayoritas uang saku yang dimiliki responden diatas Rp500.000 setiap bulannya. Sebagian besar responden mengkonsumsi rokok diatas satu batang-dibawah 10 batang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tidak ada pengaruh kenaikan harga rokok terhadap niat berhenti merokok pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen. Responden merasa bahwa mereka mampu membeli rokok dengan harga mahal sekalipun. Selain itu responden merasa bahwa mereka sudah nyaman dengan perilaku merokok yang sudah menjadi kebiasaan. Saran yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu responden meningkatkan rasa percaya diri untuk bisa berhenti merokok. Hal ini didukung dengan keluarga yang selalu memberikan semangat serta mengontrol pengeluaran responden agar mengurangi pembelian rokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.237.17 Sol p
Uncontrolled Keywords: rokok, kenaikan harga, niat berhenti merokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SITI AIFATUS SOLEKHAH, 101311133036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Widati, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:54
Last Modified: 10 Dec 2017 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item