FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA DI UNIT PROCESSING KOPERASI KAREB BOJONEGORO (Studi pada Industri Pengolahan Tembakau Koperasi KAREB Bojonegoro)

BINTANG MAREETA DEWI, 101311133058 (2017) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA DI UNIT PROCESSING KOPERASI KAREB BOJONEGORO (Studi pada Industri Pengolahan Tembakau Koperasi KAREB Bojonegoro). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 274-17 Dew f - abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 274-17 Dew f - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang perkembangannya terus mengalami peningkatkan hingga mampu mengelola berbagai bidang usaha tak terkecuali di bidang industri.Koperasi KAREB adalah koperasi yang bergerak di berbagai bidang usaha, salah satunya yaitu di bidang industri berupa Unit Processing yang bergerak di bidang pengolahan tembakau.Perkembangan sektor industri membuat Koperasi KAREB mengerahkan tenaga mesin dan manusia dalam proses produksinya untuk mencapai output maksimal. Pemanfaatan tenaga manusia ini dapat menyebabkan terjadinya kelelahan kerja.Kelelahan kerja menjadi keluhan dasar yang kemungkinan besar dirasakan oleh setiap tenaga kerja dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja di Unit Processing Koperasi KAREB.Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Populasi penelitian yaitu pekerja Unit ProcessingKoperasi KAREB.Sampel dalam penelitian ini sebesar 35 responden yang merupakan sebagian pekerja Unit ProcessingKoperasi KAREB dan diambil menggunakan metode simple random sampling.Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan pengukuran.Teknik analisis data menggunakan Contingency Coefficientdan Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28,6% pekerja mengalami kelelahan ringan, 65,7% pekerja mengalami kelelahan sedang, dan 5,7% pekerja mengalami kelelahan berat. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi kerja (p = 0,004), beban kerja mental (p = 0,031), dan persepsi suhu (p = 0,042) dengan kejadian kelelahan kerja. Sehingga dapat disimpulkan faktor yang berhuungan dengan kelelahan kerja di Unit Processing Koperasi KAREB adalah motivasi, beban kerja mental, dan suhu. Pengurus Koperasi KAREB sebaiknya melakukan upaya promotif dengan memasang poster tentang kelelahan kerja dan cara mencegahnya. Pekerja sebaiknya melakukan pola hidup sehat agar dapat terhindar dari kelelahan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 274-17 Dew f
Uncontrolled Keywords: beban kerja, kebisingan, kelelahan, motivasi, suhu.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
BINTANG MAREETA DEWI, 101311133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dwiyanti, , Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 22:45
Last Modified: 11 Dec 2017 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item