PEMODELAN FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AKTIFITAS ENZIM CHOLINESTERASE DARAH DENGAN PENDEKATAN METODE REGRESI ORDINAL (Studi Di Dusun Binangun Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

DIKY NOVARIYANTO, 101411123038 (2017) PEMODELAN FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AKTIFITAS ENZIM CHOLINESTERASE DARAH DENGAN PENDEKATAN METODE REGRESI ORDINAL (Studi Di Dusun Binangun Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 287-17 Nov p - abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 287-17 Nov p - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis regresi ordinal digunakan ketika variabel dependen dan variabel independen berbentuk data kategori atau kontinyu (ordinal). Regresi ordinal tepat digunakan dalam kasus kontaminasi pestisida pada petani yang dapat diukur berdasarkan pengklasifikasian aktifitas Enzim Cholinesterase darah. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model regresi ordinal dari faktor yang mempengaruhi aktifitas Enzim Cholinesterase darah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancang bangun cross sectional, melibatkan sampel penelitian sebanyak 81 petani yang dipilih secara Accidental sampling. Penelitian dilaksanakan di Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Variabel independen penelitian yaitu pemakaian kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dan karakteristik petani (umur, lama kerja dan masa kerja). Variabel dependen penelitian yaitu aktifitas Enzim Cholinesterase darah petani. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: sebagian besar petani mengalami keracunan ringan (58%), memakai kelengkapan APD tidak sesuai aturan (80,2%), berumur antara 20 – 49 tahun (53,1%), bekerja selama < 8 jam per hari (92,6%), dan memiliki masa kerja kurang dari 45 tahun (74,6%). Berdasarkan analisis regresi ordinal, variabel yang berpengaruh terhadap perubahan aktifitas Enzim Cholinesterase darah petani adalah pemakaian kelengkapan APD dengan nilai p (0,00) < α (0,05). Berdasarkan model regresi ordinal yang tersusun, petani yang memakai kelengkapan APD sesuai aturan berpeluang 0,12 kali lebih besar terhindar dari perubahan aktifitas Enzim Cholinesterase darah. Petani yang memakai kelengkapan APD tidak sesuai aturan berisiko mengalami perubahan aktifitas Enzim Cholinesterase darah. Perlu adanya kegiatan sosialisasi pada petani tentang pemakaian alat pelindung diri yang tepat sebagai upaya preventif terhadap kasus kontaminasi pestisida yang dilakukan oleh dinas kesehatan, perangkat desa setempat dan pengurus kelompok petani di Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 287-17 Nov p
Uncontrolled Keywords: Pemodelan regresi ordinal, aktifitas Enzim Cholinesterase darah, petani
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DIKY NOVARIYANTO, 101411123038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArief Wibowo, Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 23:25
Last Modified: 11 Dec 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62441
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item