PERBANDINGAN MANAJEMEN PERAWATAN KAMBING PERANAKAN ETAWAH KALIGESING KELAS KONTES DAN KELAS PEDAGING DI DESA DIWEK JOMBANG

DINI FITRIANI, 151411213018 (2017) PERBANDINGAN MANAJEMEN PERAWATAN KAMBING PERANAKAN ETAWAH KALIGESING KELAS KONTES DAN KELAS PEDAGING DI DESA DIWEK JOMBANG. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.KT.16 17 Fit p.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.KT.16 17 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil pengamatan dan hasil pengukuran setiap minggu ternak Kambing Peranakan Etawah Kaligesing dapat ditarik kesimpulan kambing Peranakan Etawah Kaligesing menunjukkan peningkatan yang sesuai dengan harapan. Keberhasilan ini didukung oleh manajemen perawatan yang sangat memadai. Pola perawatan ternak kelas kontes dengan ternak kelas pedaging tidak jauh berbeda meskipun hasil atau keuntungan peternak yang didapat dari kambing kelas kontes ternyata lebih banyak. Hasil pengukuran kambing kelas kontes memiliki rata-rata ukuran pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kambing kelas pedaging. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan perawatan (perlakuan khusus) pada kambing Peranakan Etawah tipe kontes misalnya kambing dimandikan secara terjadwal setiap minggunya sedangkan tipe pedanging dimandikan ketika bulu kambing kotor dan menggumpal. Pemberian mineral mix untuk menguatkan tulang kambing kelas kontes. Pemberian kacang hijau, polar dan beras merah dengan cara disangrai sampai matang, kemudian dijadikan tepung dan dicampur kedalam pakan. Perbedaan pemberian susu pada cempe dan faktor genetik kambing juga menjadi penyebab terjadinya perbedaan laju pertumbuhan kambing tipe kontes dan tipe pedaging.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.KT.16/17 Fit p
Uncontrolled Keywords: manajemen perawatan, kambing etawah
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
S Agriculture > SF Animal culture > SF84.82-85.6 Rangelands. Range management. Grazing
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Kesehatan Ternak
Creators:
CreatorsNIM
DINI FITRIANI, 151411213018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHana Eliyani, drh., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Oct 2017 18:16
Last Modified: 03 Oct 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item