ANALISIS PROGRAM KERJA PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA (PPK) DALAM PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (Studi di Rumah Sakit Onkologi Surabaya)

ALMAS GHASSANI CELESTA, 101311133218 (2017) ANALISIS PROGRAM KERJA PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA (PPK) DALAM PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (Studi di Rumah Sakit Onkologi Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 290-17 Cel a - abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 290-17 Cel a - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan yang terbaik selalu diberikan agar tercipta kepuasan pada penggunanya. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah sakit dapat berupa peningkatan kesehatan pasien dan kelompok masyarakat di dalamnya, agar dapat mandiri dalam mengatasi masalah kesehatannya termasuk mempercepat upaya kesembuhannya. Salah satu upaya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di rumah sakit melalui kegiatan promosi kesehatan. Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) merupakan komponen penting yang harus ada di dalam rumah sakit. Dalam penilaian akreditasi rumah sakit PKRS selalu berkaitan dengan pendidikan pasien dan keluarga, hak pasien dan keluarga serta manajemen komunikasi dan informasi. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Tujuan penelitian yaitu menganalisis program kerja pendidikan pasien dan keluarga yang sesuai dengan penilaian akreditasi KARS 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian dipilih melalui metode purposive sampling meliputi sekretaris PKRS, medical information, koordinator internal PKRS, koordinator eksternal PKRS, panitia penunjang, dan kepala unit keperawatan. Observasi dilakukan dengan melihat kelengkapan dokumen pendidikan yang menunjang partisipasi pasien dan keluarga, penilaian kebutuhan pendidikan pasien dan keluarga, penilaian kemauan dan kemampuan belajar, pemenuhan kebutuhan kesehatan berkelanjutan pasien dan keluarga, penyediaan pendidikan yang meliputi 6 pelayanan pasien, metode yang dilakukan dalam pendidikan pasien dan keluarga, dan kolaborasi tenaga kesehatan dalam memberikan pendidikan. Hasil dari 6 standar yaitu didapatkan bahwa kegiatan pendidikan pasien dan keluarga yang dilakukan Rumah Sakit Onkologi Surabaya sesuai dengan yang ada diakreditasi KARS 2012, namun untuk pelaksana PKRS sebaiknya dilakukan dengan dibentuk suatu unit agar dapat menjalankan kegiatan PKRS dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 290-17 Cel a
Uncontrolled Keywords: PKRS, Akreditasi Rumah Sakit, Pendidikan Pasien dan Keluarga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ALMAS GHASSANI CELESTA, 101311133218UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorOedojo Soedirham, , dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 23:53
Last Modified: 12 Dec 2017 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item