GAMBARAN EARLY WARNING ALERT RESPONSE SYSTEM (EWARS) DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016

MELISA PUTRI ANGGRAINI, 101311133017 (2017) GAMBARAN EARLY WARNING ALERT RESPONSE SYSTEM (EWARS) DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 294-17 Ang g - abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 294-17 Ang g - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Trenggalek telah menerapkan EWARS sejak tahun 2013. Berdasarkan indikator kelengkapan dan ketepatan pelaporan data, Kabupaten Trenggalek menunjukkan peningkatan dan hasil yang baik namun KLB masih banyak terjadi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas sistem kewaspadaan dini dan respon (EWARS) di Kabupaten Trenggalek berdasarkan komponen input, proses dan output. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, menggunakan rancangan evaluatif. Subyek penelitian adalah sistem surveilans EWARS di Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dengan dan informan/sumber data adalah pemegang EWARS di 22 puskesmas dan Dinas Kesehatan. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder dengan instrumen berupa kuesioner dan lembar obeservasi. Teknik pengolahan dan analisis data secara deskriptif dengan cara membandingkan dengan pedoman EWARS. Hasil penelitian dari komponen input menunjukkan sumber data 72,7% puskesmas lengkap, jenis data 50% puskesmas lengkap, karakteristik petugas 60,9% berada pada rentang (26-45 tahun), 60,9% berjenis kelamin perempuan, 95,7% memiliki pendidikan terakhir tergolong pendidikan tinggi, 78,3% memiliki masa kerja ≥2 tahun dan seluruh petugas memiliki tugas rangkap. Setiap puskesmas memiliki 1 petugas EWARS dan seluruh petugas mampu melaksanakan tugas EWARS. Terdapat 2 petugas yang belum pernah mengikuti pelatihan EWARS. Alat komunikasi hanya 45,5% puskesmas yang lengkap, 86,4% puskesmas memiliki formulir EWARS lengkap, dan 9,1% puskesmas yang memiliki pedoman EWARS lengkap. Komponen proses, ketepatan pelaporan 79% dan kelengkapan pelaporan 98,5%. Seluruh puskesmas melakukan validasi data. Analisis data mingguan tidak dilakukan. Komponen output, informasi yang dihasilkan berupa alert (peringatan dini). Diseminasi dilakukan dengan cara pertemuan rutin dan melalui media sosial (whatsapp). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir keseluruhan komponen sudah sesuai dengan pedoman EWARS namun terdapat beberapa komponen yang tidak sesuai dan belum dilakukan seperti adanya tugas rangkap yang berlebihan, analisis data yang tidak dilakukan, verifikasi di website yang jarang dilakukan. Saran yang diberikan adalah dilakukan analisis data mingguan dan harus dilakukan verifikasi di website EWARS sebagai laporan pada tingkat pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 294-17 Ang g
Uncontrolled Keywords: early warning alert and response system (EWARS), deteksi dini kejadian luar biasa, Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
MELISA PUTRI ANGGRAINI, 101311133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAtik Choirul Hidajah, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 23:57
Last Modified: 12 Dec 2017 23:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item