FAKTOR PENENTU PERILAKU IBU DALAM PENCAPAIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI (WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAYAM KABUPATEN SUMENEP)

MIFTAHOL HUDHAH, 101311133014 (2017) FAKTOR PENENTU PERILAKU IBU DALAM PENCAPAIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI (WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAYAM KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 271-17 Hud f - abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 271-17 Hud f - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imunisasi adalah suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Tujuan utama imunisasi untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Untuk mencapai tujuan tersebut maka harus mencapai cakupan imunisasi dasar lengkap sebesar 91%. Pencapaian imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Gayam belum memenuhi target. Salah satu penyebab belum tercapaianya target tersebut yaitu karena faktor ibu dalam mengimunisasikan anaknya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan faktor ibu dalam pencapaian imunisasi dasar lengkap di wilayah kerja Puskesmas Gayam Kabupaten Sumenep. Penelitian dilakukan dengan rancang bangun cross sectional. Subyek penelitian diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah usia ibu, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu, penghasilan keluarga, tingkat pengetahuan ibu, kepercayaan ibu dan sikap ibu. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang berhubungan dalam pencapaian imunisasi dasar lengkap yaitu tingkat pengetahuan ibu (p=0,004), kepercayaan ibu (p=0,006) dan sikap ibu (p=0,002). Sedangkan variabel usia ibu, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu dan pendapatan keluarga tidak berhubungan dalam pencapaian imunisasi dasar lengkap karena nilai p>0,05 Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dalam pencapaian imunisasi dasar lengkap yaitu tingkat pengetahuan ibu, kepercayaan ibu dan sikap ibu. Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan pengetahuan ibu memalui penyampaian informasi, selain itu petugas kesehatan memberikan penjelasan kepada ibu terkait kejadian pasca ikutan imunisasi sehingga ibu percaya bahwa imunisasi berdampak baik dan ibu mampu bersikap baik terhadap imunisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 271-17 Hud f
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
MIFTAHOL HUDHAH, 101311133014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAtik Choirul Hidajah, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 00:03
Last Modified: 13 Dec 2017 00:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item