SISTEM INFORMASI EVALUASI PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR PROGRAM DIPLOMA FAKULTAS VOKASI-UNIVERSITAS AIRLANGGA

DITA KEN PRABASARI, 151411513016 (2017) SISTEM INFORMASI EVALUASI PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR PROGRAM DIPLOMA FAKULTAS VOKASI-UNIVERSITAS AIRLANGGA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV SI 39-17 Pra s Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 39-17 Pra s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses evaluasi pembimbingan terkomputerisasi di fakultas vokasi- Universitas Airlangga sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan manipulasi data yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani tiga proses utama yaitu proses pembuatan kuesioner , proses pengisian kuesioner, dan proses pembuatan laporan evaluasi. Dalam membuat Sistem Informasi Evaluasi Pembimbingan Tugas Akhir Program Diploma Tiga Fakultas Vokasi-Universitas Airlangga dibutuhkan 5 tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai tiga proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 12 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 13 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan sistem menggunakan Flow Chart dan Pseudocode, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses pembuatan kuesioner evaluasi, proses pengisian kuesioner evaluasi, dan proses pembuatan laporan evaluasi. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Evaluasi Pembimbingan Tugas Akhir Program Diploma Tiga Fakultas Vokasi- Universitas Airlangga yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan evaluasi pembimbingan yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI.39/17 Pra s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Evaluasi Pembimbingan Tugas Akhir Program Diploma Tiga Fakultas Vokasi-Universitas Airlangga
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DITA KEN PRABASARI, 151411513016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEva Hariyanti, S.Si., M.TUNSPECIFIED
Thesis advisorNasa Zata Dina, S.Kom, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 16:57
Last Modified: 11 Dec 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62527
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item