HUBUNGAN PENGETAHUAN, DUKUNGAN SUAMI, SUMBER INFORMASI DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN IMUNISASI TETANUS DIFTERI PADA IBU HAMIL DI KECAMATAN BURNEH

DIAH TRIRATNASARI, 101311133169 (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN, DUKUNGAN SUAMI, SUMBER INFORMASI DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN IMUNISASI TETANUS DIFTERI PADA IBU HAMIL DI KECAMATAN BURNEH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 305-17 Tri h - abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 305-17 Tri h - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imunisasi Tetanus Difteri (Td) adalah proses membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus. Vaksin Tetanus adalah suatu toksin kuman tetanus yang telah dilemahkan, kemudian dimurnikan. Keberhasilan dari Program Imunisasi Tetanus Toksoid sampai saat ini belum mencapai hasil yang sudah ditargetkankan. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi ibu hamil dalam pelaksanaan imunisasi Tetanus Toksoid di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Burneh tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional dengan jumlah sample yang diambil 93 ibu yang menajdi sasaran Imunisasi Tetanus Toksoid, dan telah melahirkan di tahun 2016 dengan menggukan simple random sampling. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan usia responden, pengetahuan responden tentang Imunisasi Tetanus Toksoid, dukungan suami, dan sikap petugas kesehatan dengan pelaksanaan Imunisasi Tetanus Toksoid di Puskesmas Kecamatan Burneh tahun 2016. Sumber Informasi tentang Imunisasi Tetanus Difteri yang didapat seluruh responden berasal dari petugas kesehatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu rendahnya partisipasi ibu hamil melakukan Imunisasi Tetanus Toksoid karena pengetahuan yang masih kurang tentang Imunisasi Tetanus Difteri, dan pengetahuan tesebut mereka dapat sebagian besar hanya berasal dari sumber informasi petugas kesehatan, sehingga pentingnya peningkatan sumber informasi mengenai Imunisasi Tetanus Difteri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 305-17 Tri h
Uncontrolled Keywords: dukungan suami, sumber informasi, sikap petugas kesehatan, Imunisasi Tetanus Difteri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DIAH TRIRATNASARI, 101311133169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArief Hargono, , drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 20:51
Last Modified: 18 Dec 2017 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item