SISTEM INFORMASI PELAYANAN KLINIK PRATAMA MITRA MASYARAKAT KABUPATEN NGANJUK

BERLITSA REGIN FATMARA, 151411513027 (2017) SISTEM INFORMASI PELAYANAN KLINIK PRATAMA MITRA MASYARAKAT KABUPATEN NGANJUK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV SI 48-17 Fat s Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 48-17 Fat s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klinik Pratama Mitra Masyarakat merupakan klinik pelayanan masyarakat yang telah berdiri di kabupaten Nganjuk dari tahun 2014 hingga saat ini. Klinik ini memberikan beberapa pelayanan yaitu pendaftaran pasien, pemeriksaan, racik obat dan rujukan. Sistem Infromasi Pelayanan Klinik Pratama Mitra Masyarakat Kabupaten Nganjuk membutuhkan beberapa tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah mengidentifikasi proses saat ini dengan menggunakan Documet Flow Diagram (Docflow). Tahap ketiga adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan menggunakan diagram fishbone. Tahap keempat adalah mendesain database dan desain proses. Desain database dibuat dengan menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 14 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 15 tabel. Sedangkan desain proses sistem digambarkan dengan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD). Tahap kelima adalah mendesain form input dan output. Tahap keenam Klinik Pratama Mitra Masyarakat yaitu mengimplementasikan desain input dan output sistem yang telah didesain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web yang penyimpanan datanya di database MySQL. Tahap Terakhir yaitu Pengujian meliputi fitur-fitur yang terdapat pada kebutuhan fungsional. Pengujian dilakukan oleh admin, customer service, dokter, apoteker dan pemilik. Berdasarkan hasil uji coba sistem, Sistem Infromasi Pelayanan Klinik Pratama Mitra Masyarakat Kabupaten Nganjuk sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di Klinik Pratama Mitra Masyarakat yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI.48/17 Fat s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pelayanan, Klinik, Proses Pemeriksaan, Proses Rujukan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
BERLITSA REGIN FATMARA, 151411513027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBarry Nuqoba, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si. M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 17:13
Last Modified: 11 Dec 2017 17:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item