EFEK PERSUASIF METAFORA PADA IKLAN POLITIK SERTA IMPLIKASINYA PADA NIAT BERPERILAKU PEMILIH MUDA

MUHAMMAD ALI AFFANDI, 040610697 (2012) EFEK PERSUASIF METAFORA PADA IKLAN POLITIK SERTA IMPLIKASINYA PADA NIAT BERPERILAKU PEMILIH MUDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-affandimuh-19675-b.81-1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efek persuasif metafora dalam iklan politik pada pemilih muda di Indonesia. Iklan politik yang mengandung metafora dapat meningkatkan persuasif pesan dan ketertarikan terhadap iklan dibanding iklan yang tidak menggunakan metafora. Penelitian eksperimental ini membandingkan iklan politik yang berisi iklan eksekusi persuasive effect metafora dengan non metafora yang mengkombinasikan slice of life, authoritative, dan testimonial. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua eksekusi tersebut. Penelitian ini juga meneliti tentang pengaruh sikap terhadap iklan dan niat memilih terhadap kandidat serta tingkat keterlibatan pemilih pada aktifitas politik. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t berpasangan, Regresi Linier Sederhana, dan Moderated Regression Analysis (MRA) pada 250 partisipan. Kelompok penelitian terbagi menjadi dua kelompok yaitu first time voter, dan repeat voter. Kedua kelompok tersebut akan mendapatkan perlakuan iklan politik dengan sistem within subject design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan politik dengan persuasive effect metafora memiliki tingkat persuasif lebih tinggi dibanding non metafora. First time voter lebih merespon iklan politik lebih tinggi dari repeat voter. Keterlibatan tidak memoderasi pada kelompok first time voter, hal ini dikarenakan masih adanya efek bias dari pemasaran politik. Kelompok repeat voter dimoderasi oleh keterlibatan yang memperkuat hubungan sikap pada iklan dengan niat memilih pada kandidat. Penjelasan teoritis dan implikasi manajerial dari penelitian ini akan dibahas lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 81/12 Aff e
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; POLITIC
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD ALI AFFANDI, 040610697UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Gunawan, Drs., M.Com, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Mar 2012 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item