SISTEM INFORMASI PELAYANAN PADA INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA

IVA NUR AISYAH PARAMITHASARI, 151411513066 (2017) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PADA INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV SI 56-17 Par s Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 56-17 Par s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

IGD adalah unit untuk melayani pasien dalam kondisi gawat darurat berdasarkan triage(sebuah tindakan pengelompokan pasien berdasarkan berat ringannya kasus dan harapan hidup). Pasien yang masuk ke IGD tentunya butuh pertolongan yang cepat dan tepat untuk itu perlu adanya standar dalam memberikan pelayanan gawat darurat sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya sehingga dapat menjamin suatu penanganan gawat darurat dengan response time yang cepat dan penanganan yang tepat. Dalam mewujudkan pelayanan yang cepat dan tepat tersebut, maka dibutuhkan sistem informasi untuk membantu petugas IGD dalam operasional dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi Pelayanan pada Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Airlangga dibangun melalui lima tahapTahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow)danfishbone Diagram. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjangyang mempunyai enam proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 16 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 17 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan BaganAlir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di IGD RSUA yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis yang ada secara efisien dan dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI.56/17 Par s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan, Instalasi Gawat Darurat, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
IVA NUR AISYAH PARAMITHASARI, 151411513066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRini Semiati, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorBarry Nuqoba, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 17:21
Last Modified: 11 Dec 2017 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item