AKIBAT HUKUM AKUISISI SAHAM OLEH PT. MEDCO ENERGI INTERNASIONAL,Tbk TERHADAP STATUS PERUSAHAAN DAN KEWAJIBAN DIVESTASI PT. NEWMONT NUSA TENGGARA

EGA DIVA HARWIYANTI, SH, 03151425003 (2017) AKIBAT HUKUM AKUISISI SAHAM OLEH PT. MEDCO ENERGI INTERNASIONAL,Tbk TERHADAP STATUS PERUSAHAAN DAN KEWAJIBAN DIVESTASI PT. NEWMONT NUSA TENGGARA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (full text)
cover ega.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2016 saham PT. NNT sebesar 82,2% telah diakuisisi oleh PT. Medco Energi Internasional,Tbk. Dengan diakuisisinya saham PT. NNT tersebut menimbulkan permasalahan hukum terkait dengan status perusahaan dan kewajiban divestasi saham PT. NNT terhadap Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini membahas 2 hal tersebut. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk mengkaji mengenai status perusahaan dari PT. Newmont Nusa Tenggara setelah adanya akuisisi saham yang dilakukan oleh PT. Medco Energi Internasional, Tbk dan untuk mengkaji ada atau tidaknya kewajiban divestasi saham yang harus dilakukan oleh PT. Newmont Nusa Tenggara setelah dilakukannya akuisisi saham tersebut. Penelitian yang dipakai dalam tesis ini merupakan penelitian yuridis normatif. Dengan menggunakan pendekatan doktrinal, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan pertama bahwa status PT. NNT yang semula berstatus sebagai PMA kini pasca akuisisi saham berubah status menjadi PMDN, akan tetapi dengan perubahan tersebut harus dilakukan permohonan perubahan status perusahaan ke BKPM. Kedua, kewajiban divestasi saham pada PT. NNT bukanlah kewajiban yang disebabkan karena adanya suatu peraturan perundang-undangan, melainkan dikarenakan suatu kontrak karya yang dibuat antara PT. NNT dengan Pemerintah Indonesia, yang menyebabkan adanya kesepakat kontraktual untuk melakukan divestasi saham.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 73/17 Har a
Uncontrolled Keywords: Akusisi saham, Divestasi, Kontrak Karya
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
EGA DIVA HARWIYANTI, SH, 03151425003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMas Rahmah, Dr. , S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2017 16:31
Last Modified: 04 Oct 2017 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item