PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISA POLA PADA DATA NILAI MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG

ALIEF ARSALAN MUHARRAM, 081116054 (2017) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISA POLA PADA DATA NILAI MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.02.17 . Muh.p - ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.02.17 . Muh.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (617kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang merupakan universitas yang terletak dalam lingkungan pesantren di Jombang, Jawa Timur. Dalam penelitian ini UNIPDU menerapkan association rule menggunakan algoritma apriori untuk menganalisa pola pada data nilai mahasiswa, pola tersebut dapat mengetahui mata kuliah mana yang menjadi salah satu faktor keberhasilan mahasiswa sistem informasi dalam mencapai nilai yang maksimal pada perkuliahan berikutnya. Penerapan association rule menggunakan algoritma apriori untuk analisa pola pada data nilai mahasiswa terdiri dari 7 tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data. Tahap kedua adalah pengolahan data nilai transkrip mahasiswa. Tahap ketiga menerapkan metode association rule algoritma apriori. Tahap keempat merancang desain input, output dan desain graphical user interface. Tahap kelima mengimplementasi sistem dari perancangan sistem. Tahap keenam melakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian sistem menggunakan aplikasi WEKA dan evaluasi sistem menggunakan acceptence testing. dan terakhir melakukan analisa hasil yang berupa pola nilai pada mahasiswa. Berdasarkan analisis hasil terhadap data nilai transkrip mahasiswa dengan menggunakan minimum support sebesar 25% dan minimum confidence sebesar 75%. Output yang dihasilkan sistem dengan inputan tersebut berupa 32 pola nilai antar matakuliah pada data nilai transkrip. semua pola yang terbentuk mempunyai item KPM_A sebagai consequent dengan confident tertinggi sebesar 94,64 %. Dan kebanyakan pola yang terbentuk mempunyai item matakuliah semester 3 sebagai antecedent. Hasil tersebut dapat mengetahui mata kuliah mana yang menjadi salah satu faktor keberhasilan mahasiswa sistem informasi dalam mencapai nilai yang maksimal pada perkuliahan berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.02/17 Muh p
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Association Rule, Apriori, Pola Pada Data Nilai Mahasiswa
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ALIEF ARSALAN MUHARRAM, 081116054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, S.T., M.KomUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:12
Last Modified: 22 Jan 2018 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item