PEMBANGUNAN SISTEM PENDAFTARAN YUDISIUM PADA FAKULTAS SAINS TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI CLOUD STORAGE

MUCHIBUDIN ABAS, 081211631057 (2016) PEMBANGUNAN SISTEM PENDAFTARAN YUDISIUM PADA FAKULTAS SAINS TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI CLOUD STORAGE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.03.17 . Aba.p - ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.03.17 . Aba.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cloud storage merupakan model layanan Cloud Computing Infrastructure as a Service (IaaS), manfaat cloud storage adalah akses data dari mana saja. Penyedia cloud storage menyediakan penyimpanan yang bervariasi sesuai kebutuhan pengguna, pengguna dapat membayar kepada penyedia cloud storage sesuai kebutuhan. Selain itu, cloud storage juga tidak memerlukan investasi modal diawal yang tinggi untuk membeli perangkat penyimpanan, serta untuk membuat cadangan backup data juga relative lebih mudah dan proses recovery data juga lebih singkat dibandingkan dengan media penyimpanan data tradisional (hardisk). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendaftaran yudisium pada Fakultas Sains Teknologi Universitas Airlangga dengan memanfaatkan teknologi cloud storage. Pembangunan sistem pendaftaran yudisium dilakukan dalam lima tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan, dilakukan pengumpulan data terkait kebutuhan fungsional dan kebutuhan nonfungsional dari sistem. Pada tahap ini dilakukan wawancara, studi berkas, dan observasi langsung terkait pendaftaran yudisium. Tahap kedua adalah analisis kebutuhan, pada tahap ini hal-hal yang perlu dianalisis antara lain: pengguna sistem, kebutuhan user dalam sistem, kendala atau hambatan yang dialamai oleh sistem yang lama, fitur-fitur yang ditangani oleh sistem, input dan output yang dihasilkan oleh sistem. Pada tahap ketiga adalah perancangan sistem, dilakukan dengan menggunakan metode berorientasi obyek dan digambarkan dalam bentuk diagram UML. Tahap keempat adalah pembangunan sistem, pada tahap ini dilakukan pengkodean menggunakan bahasa pemrograman berbasis web dan juga untuk melakukan upload dan download file dari cloud storage. Tahap kelima adalah pengujian sistem, pengujian dilakukan dengan functional testing dan acceptance testing. Hasil penelitian ini berupa program yang dapat dijalankan. Hasil pengujian acceptance testing, menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden menyatakan sistem pendaftaran yudisium dengan memanfaatkan teknologi cloud storage lebih baik dalam hal akses dan mengelola file yudisum dibandingkan dengan sistem pendaftaran yudisium yang selama ini digunakan dan secara fungsionalitas setiap fitur yang ada dalam sistem pendaftaran yudisium telah berfungsi dengan baik dan benar, dan dapat diterima oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.03/17 Aba P
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendaftaran Yudisium, Cloud Computing, Cloud Storage
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUCHIBUDIN ABAS, 081211631057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:12
Last Modified: 27 Dec 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item