ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS PADA PROSES IDENTIFY AND RECORD CURRENT ASSETS DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) MANAGE ASSETS COBIT 5 DI PUSAT PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA

ADITYA SUHARJONO, 081016062 (2016) ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS PADA PROSES IDENTIFY AND RECORD CURRENT ASSETS DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) MANAGE ASSETS COBIT 5 DI PUSAT PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.04.17 . Suh.a - ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.04.17 . Suh.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga (PPMB UA) merupakan salah satu lembaga Universitas Airlangga yang memiliki fungsi menyaring lulusan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam penerapan teknologi informasi, pihak PPMB UA menggunakan sarana TI untuk membantu kelancaran proses bisnis yang ada, mulai dari penyuluhan, pendaftaran hingga penerimaan calon mahasiswa baru, sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk memastikan bahwa aset aset TI yang ada dapat membantu PPMB UA untuk memberikan layanan yang handal. Dengan mengacu pada kerangka kerja COBIT 5, dilakukan pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran TI di PPMB UA, dan juga untuk mengukur capability level proses BAI09.01 Identify and Record Current Assets kondisi saat ini (as-is) dan kondisi yang diharapkan(to-be). Analisa tingkat kapabilitas dilakukan melalui 5 tahap. Tahap pertama adalah observasi dan perumusan masalah. Tahap kedua adalah menentukan responden sesuai dengan RACI Chart. Tahap ketiga adalah pembuatan dan pengisian kuesioner. Tahap keempat adalah menganalisis jawaban hasil pengisian kuesioner yang telah disebarkan. Tahap kelima adalah perancangan saran dan solusi dari hasil analisis kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa tingkat kesadaran TI PPMB UA pada proses BAI09.01 berada pada katagori sedang dengan nilai kinerja 2,32. Sedangkan capability level PPMB UA berada pada level 3 Established Process untuk kondisi saat ini, sedangkan untuk kondisi yang diharapkan berada pada level 5 Optimisong Process. Adapun usulan perbaikan yang akan dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah pencapaian capability level 3 yang berfokus pada menentukan langkah perbaikan terkait SOP. Tahap kedua adalah pencapatian capability level 4 yang berfokus pada pengukuran dan pengontrolan proses identifikasi dan pencatatan asset TI. Tahap ketiga adalah pencapaian capability level 5 yang berfokus pada proses inovasi dan pengoptimalan kinerja proses identifikasi dan pencatatatan asset TI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.04/17 Suh a
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, BAI09.01 Identify and Record Current Assets, Capability Level
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA SUHARJONO, 081016062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.CsUNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:13
Last Modified: 27 Dec 2017 16:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item