SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KENDARAAN HASIL OPERASI LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR SAMPANG

ARYANGGA PANDU MAHAYASA, 151411513013 (2017) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KENDARAAN HASIL OPERASI LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR SAMPANG. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV SI 67-17 Mah s Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 67-17 Mah s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah sistem untuk memudahkan kinerja Kepolisian Resor Sampang dalam melakukan pembuatan laporan kehilangan serta pendataan kendaraan tanpa dilengkapi surat-surat dan memudahkan penyampaian informasi kendaraan hasil operasi lalu lintas kepada masyarakat Sampang ataupun masyarakat di luar Sampang, sehingga proses menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan. Sistem ini menangani 4 proses utama yaitu proses registrasi, Proses Pencatatan Temuan Kendaraan, Proses Validasi Kendaraan, Proses Pelaporan Kehilangan Kendaraan. Dalam membuat Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan Hasil Operasi Lalu Lintas Kepolisian Resor Sampang dibutuhkan lima tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone dan Document Flow Diagram (Docflow). Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai tujuh proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 13 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 13 tabel. Berdasarkan desain tersebut dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba system dengan menggunakan metode black box testing. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem kepada pihak kepolisian bagian Satuan Tahanan dan Barang Bukti (SATTAHTI), Sentra Pelayanan Kepolisian (SPKT), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dan masyarakat sehingga, Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan Hasil Operasi Lalu Lintas Kepolisian Resor Sampang yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional yaitu dapat menangani proses pelaporan secara mudah, pengelolaan kendaraan hasil operasi lebih efisien serta penginformasian dan pengambilan kendaraan hasil operasi lalu lintas lebih efisien dan hemat biaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI.67/17 Mah s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pencatatan Temuan Kendaraan, Validasi Kendaraan, Proses Pelaporan Kehilangan Kendaraan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ARYANGGA PANDU MAHAYASA, 151411513013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs. , M.KomUNSPECIFIED
ContributorDyah Herawatie, Ir. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 17:52
Last Modified: 11 Dec 2017 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62587
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item