MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA CYBER CAMPUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION

FARICHA NUR LAILY HIDAYATI, 081211631004 (2016) MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA CYBER CAMPUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.05.17 . Hid.m - ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.05.17 . Hid.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel dari model End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap kesuksesan penerapan Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) dan juga untuk memberikan rekomendasi strategi kepada Universitas Airlangga. Model EUCS merupakan evaluasi secara keseluruhan dari pengguna sistem informasi yang berdasarkan pengalaman dalam menggunakan sistem. EUCS memiliki lima variabel: yaitu content untuk mengukur kelengkapan informasi, accuracy untuk mengukur keakuratan informasi, format untuk mengukur penyajian informasi, easy of use untuk mengukur kemudahan penggunaan, dan timelines untuk mengukur ketepatan waktu. Penelitian ini terdiri dari enam tahap, yakni identifikasi variabel penelitian dan hipotesis, perancangan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, menganalisis hasil dan menyusun rekomendasi terkait kepuasan pengguna UACC. Pengolahan data menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini menggunakan 250 responden dari pengguna aktif UACC yaitu Dosen dengan 49 responden dan Mahasiswa dengan 201 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa accuracy, easy of use dan timelines memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan content dan format tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna pada UACC. Rekomendasi yang diberikan diantaranya, memperhatikan kebutuhan pengguna secara tepat waktu dengan data yang terkini (up to date), menyediakan informasi yang akurat, dapat diandalkan dan dipercaya, menghasilkan output sesuai dengan input, memperkecil terjadinya kesalahan/error, menyediakan fitur bantuan atau helpdesk, menampikan informasi yang jelas dan tampilan yang mudah dipahami. Penelitian menunjukkan bahwa model EUCS memiliki nilai Goodness of Fit yang besar yaitu 0,616, maka model sudah sesuai dalam menggambarkan sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.05/17 Hid m
Uncontrolled Keywords: Universitas Airlangga Cyber Campus, End User Computing Satisfaction, Kepuasan Pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
FARICHA NUR LAILY HIDAYATI, 081211631004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.CsUNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:14
Last Modified: 27 Dec 2017 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item