PENYUSUNAN SOP PENGELOLAAN KONTRAK DENGAN SUPPLIER PENYEDIA LAYANAN TI BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DAN ITIL V3 STUDI KASUS RUMAH SAKIT ANGKATAN LAUT DR RAMELAN

AYUNDHA PUSPADINI, 081211632003 (2016) PENYUSUNAN SOP PENGELOLAAN KONTRAK DENGAN SUPPLIER PENYEDIA LAYANAN TI BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DAN ITIL V3 STUDI KASUS RUMAH SAKIT ANGKATAN LAUT DR RAMELAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.06.17 . Pus.p - ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.06.17 . Pus.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSAL Dr. Ramelan merupakan sebuah rumah sakit angkatan laut di Surabaya. RSAL Dr. Ramelan saat ini sedang dalam masa pembangunan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dengan supplier penyedia layanan TI (Teknologi Informasi). Permasalahan timbul ketika pergantian manajemen menyebabkan terhambatnya proses pengembangan SIM. Manajemen yang baru menghendaki pergantian supplier sebelum proses pembangunan SIM terselesaikan secara total. Hal tersebut dirasa dapat menimbulkan kerugian baik dari segi waktu maupun materi. Proses pemilihan supplier, negosiasi, pembuatan kontrak, dan kontrol pemenuhan kontrak agar senantiasa sesuai dengan kebutuhan bisnis dilakukan pada proses Supplier Management. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu referensi pengelolaan kontrak dengan supplier penyedia layanan TI berupa dokumen SOP (Standard Operation Procedure) yang mengacu pada kerangka kerja COBIT 5 domain APO10 Manage Supplier dan ITIL V3 Supplier Management. Penyusunan dokumen SOP pengelolaan kontrak dengan supplier penyedia layanan TI di RSAL Dr. Ramelan dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama adalah observasi layanan TI di RSAL Dr. Ramelan. Tahap kedua merupakan tahap analisis. Pada tahap ini dilakukan identifikasi aktivitas COBIT 5 Manage Supplier dan ITIL V3 Supplier Management serta pemetaan aktivitasnya. Setelah terbentuk suatu aktivitas baru, dilakukan penyesuaian dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Di tahap ketiga dilakukan penyusunan dokumen SOP dengan cara penguraian aktivitas-aktivitas tersebut menjadi langkah kerja yang berurutan. Tahap terakhir merupakan tahap evaluasi dan perbaikan, yang diawali dengan dilakukannya verifikasi di RSAL Dr. Ramelan, kemudian perbaikan dilakukan berdasarkan hasil verifikasi. Hasil penelitian ini berupa sebuah dokumen SOP pengelolaan kontrak dengan supplier penyedia layanan TI yang disesuaikan dengan keadaan di RSAL Dr. Ramelan. Dari hasil verifikasi, diketahui bahwa SOP yang dihasilkan masih perlu perbaikan dalam hal tata bahasa, peran dan urutan aktivitas. Dokumen SOP yang telah dievaluasi selanjutnya diperbaiki sesuai dengan masukan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.06/17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Supplier , COBIT 5, ITIL, SOP, Underpinning Contract .
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
AYUNDHA PUSPADINI, 081211632003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MTUNSPECIFIED
ContributorIndra Kharisma R., S.Kom., M.TUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:15
Last Modified: 22 Jan 2018 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item