PENYUSUNAN PROSEDUR PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN PROSES BAI09 COBIT 5 (STUDI KASUS PT. VARIA USAHA BAHARI)

MUHAMMAD SATRIA ARGAMUKTI, 081211633009 (2016) PENYUSUNAN PROSEDUR PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN PROSES BAI09 COBIT 5 (STUDI KASUS PT. VARIA USAHA BAHARI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.09.17 . Arg.p - ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.09.17 . Arg.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu hal yang dapat membantu organisasi dalam hal mengintegrasikan setiap fungsi bisnisnya dengan baik. Oleh karena itu PT. Varia Usaha Bahari mengimplementasikan sebuah sistem yang saling terintegrasi antara satu fungsi bisnis dengan fungsi bisnis lain. Saat melakukan pengimplementasian sistem, perusahaan membutuhkan persiapan tertentu agar berjalannya implementasi menjadi lancar. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah aset TI dari perusahaan tersebut. Maka dari itu perlunya unsur pengelolaan aset TI yang dilakukan untuk memastikan bahwa aset tersebut bisa memberi manfaat yang optimal bagi perusahaan. Kegiatan pengelolaan aset TI tidak bisa dilakukan tanpa adanya suatu prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu prosedur pengelolaan aset TI yang mengacu pada framework COBIT 5 BAI09 Manage Assets. Penyusunan prosedur pengelolaan aset TI dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu menganalisis aktivitas pengelolaan aset pada PT. Varia Usaha Bahari, selanjutnya menganalisis aktivitas pengelolaan aset TI pada BAI09 COBIT 5. Setelah mendapatkan hasil dari analisis, tahap kedua yaitu mengkombinasikan aktivitas pengelolaan aset PT. VUBA dengan aktivitas pengelolaan aset TI pada BAI09 COBIT 5. Tahap ketiga memetakan aktor yang bertanggung jawab ketika aktivitas tersebut dilaksanakan, pemetakan aktor dilakukan dengan mengacu pada RACI Chart BAI09 COBIT 5. Tahap keempat, memetakan work product yang ada di BAI09 COBIT 5 dengan hasil dari pengkombinasiaan aktivitas. Tahap kelima adalah prosedur pengelolaan aset TI untuk PT. Varia Usaha Bahari disusun dengan format yang sudah ada di perusahaan. Tahap terakhir adalah verifikasi prosedur yang sudah disusun, yang dilakukan dengan mewawancarai aktor yang bertanggung jawab pada setiap proses pengelolaan aset TI PT. Varia Usaha Bahari. Setelah dilakukan verifikasi maka tahap selanjutnya ialah perbaikan prosedur. Hasil penelitian ini berupa prosedur yang memiliki 10 proses untuk pelaksanaan pengelolaan aset TI di PT. Varia Usaha Bahari dan memiliki 17 dokumen (work product) untuk menyertai prosedur pengelolaan aset TI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.09/17 Arg p
Uncontrolled Keywords: Aset TI, COBIT 5, Pengelolaan, Prosedur.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD SATRIA ARGAMUKTI, 081211633009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MTUNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:18
Last Modified: 27 Dec 2017 16:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item