RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID

MUHAMMAD IQBAL, 081211632009 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.11.17 . Fah.o - ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.11.17 . Fah.o - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan manusia yang mendasar adalah tempat tinggal, rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain pakaian dan makanan, fungsi rumah kini dituntut untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya, seperti bertempat dilokasi yang strategis, bangunannya yang bagus dan kokoh, serta lingkungannya yang nyaman. Developer perumahan kini bersaing ketat dalam mencari perhatian para konsumen untuk memilih produk mereka, dengan menawarkan berbagai fasilitas penunjang yang beranekaragam. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem pendukung keputusan rekomendasi pemilihan perumahan berbasis aplikasi, dengan adanya aplikasi ini diharapkan menjadi alternatif solusi alat bantu pengambilan keputusan. Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus pemilihan perumahan, salah satunya adalah metode Weighted Product (WP). Tahapan dari penelitian ini adalah pengumpulan data terkait data perumahan sebagai alternatif dan penyebaran kuesioner sebagai pengambilan data terkait kriteria yang digunakan. Tahap pengolahan untuk mengambil kriteria dengan cara mengambil 5 persentase tertinggi dan 1 kriteria diambil dari pertanyaan tambahan. Tahap penyelesaian masalah dengan metode WP dipengaruhi oleh banyaknya kriteria, perbandingan tingkat kepentingan antar kriteria, dan pangkat bobot pada setiap kriteria, hasil perangkingan berdasarkan pada refrensi relatif yang terbesar sampai yang terkecil. Tahap perancangan menggunakan system flowchart, pseudocode, dan antarmuka. Tahap implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman java dengan tools eclipse berbasis aplikasi dan database yang digunakan SQLite. Tahap terakhir pengujian sistem dengan pengujian black box testing yang berfokus pada pengujian fungsionalitas dengan membandingkan antara input dan output sistem. Dan evaluasi bertujuan untuk penilaian aplikasi terhadap user dengan cara menyebar kuesioner dengan pertanyaan mengenai aplikasi kepada 20 responden. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem pendukung keputusan rekomendasi pemilihan perumahan. Melalui kuesioner evaluasis sistem 100% responden mengerti tujuan dari aplikasi, 77% responden mengatakan cukup membantu dalam merekomendasikan perumahan, 75% reponden mengatakan mudah dalam mengoprasikan aplikasi dan 100% responden mengatakan interface/tampilan adalah menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.12/17 Iqb r
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Perumahan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD IQBAL, 081211632009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:22
Last Modified: 27 Dec 2017 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item