RANCANG BANGUN SISTEM PENILAIAN INDEKS KEPUASAN PEGAWAI BERBASIS TEORI DUA FAKTOR (STUDI KASUS : PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA)

AGUSTINUS KURNIAWAN, 081116032 (2017) RANCANG BANGUN SISTEM PENILAIAN INDEKS KEPUASAN PEGAWAI BERBASIS TEORI DUA FAKTOR (STUDI KASUS : PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
ST.SI.14.17 . Kur.r - ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.14.17 . Kur.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) senantiasa melekat pada setiap sumber daya organisasi apapun. Tersedianya SDM atau pegawai yang berkualitas merupakan aset bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus berusaha memberikan kepuasan bagi para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem penilaian indeks kepuasan pegawai pada PT.PELNI. Sistem penilaian indeks kepuasan pegawai akan membantu pihak divisi SDM dalam mengelola kepuasan pegawai di PT.PELNI. Penilaian kepuasan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum deskripsi kepuasan pegawai PT.PELNI. Kuesioner penilaian kepuasan pegawai dibuat berdasarkan teori dua faktor yang dikembangkan oleh Frederick Hezberg. Dalam proses pembangunan perangkat lunak ini dibangun dengan metode prototype. Dimana tahapan dalam metode prototype meliputi mengidentifikasi kebutuhan dari sistem, mendesain prototipe dari sistem sesuai kebutuhan, membuat prototipe dari sistem yang berfokus pada tampilan, evaluasi prototype, pembuatan perangkat lunak berbasis web, melakukan pengujian dan evaluasi sistem. Use-case diagram, activity diagram, sequence diagram , class diagram, CDM dan PDM digunakan untuk mendesain prototype sesuai kebutuhan sistem. Pembangunan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan database yang digunakan yaitu MySQL. Hasil pengujian dari sistem, semua responden dari setiap aktor menyatakan bahwa setiap fitur sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Lalu hasil rata-rata evaluasi sistem dari responden sebesar 87 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem penilaian indeks kepuasan pegawai berbasis teori dua faktor yang telah dibuat siap untuk diimplementasikan pada PT.PELNI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.14/17 Kur r
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pegawai, teori dua faktor, kuesioner, prototype
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
AGUSTINUS KURNIAWAN, 081116032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, ST., M.Kom.UNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:25
Last Modified: 27 Dec 2017 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item