PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK ANALISIS POLA TRANSAKSI PENJUALAN PADA GARLICK STORE SURABAYA

ACHMAD AGOEH B, 081116024 (2017) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK ANALISIS POLA TRANSAKSI PENJUALAN PADA GARLICK STORE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.15.17 . Ach.p - ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.15.17 . Ach.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (662kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Garlick Store merupakan salah satu Ritel pakaian yang berada pada Kota Surabaya, Jawa Timur. Dalam penelitian di Garlick Store ini dilakukan dengan menerapkan association rule menggunakan algoritma FP-Growth untuk menganalisa pola pada data transaksi penjualan. Dengan hasil pola dari sistem ini diharapkan dapat membantu sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnis. Penerapan association rule menggunakan algoritma FP-Growth untuk Analisis pola pada data transaksi penjualan terdiri dari 7 tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data. Tahap kedua adalah pengolahan data laporan penjualan. Tahap ketiga menerapkan metode association rule algoritma FP-Growth. Tahap keempat perancangan flowchart sistem, desain input, output dan desain graphical user interface. Tahap kelima mengimplementasi sistem dari perancangan sistem. Tahap keenam melakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian perbandingan hasil output sistem dengan tahap ketiga dan pengujian sistem menggunakan aplikasi WEKA. dan terakhir melakukan analisa hasil yang berupa pola jenis barang pada transaksi penjualan. Berdasarkan analisis hasil terhadap data transaksi penjualan dengan menggunakan minimum support sebesar 1%, minimum confidence sebesar 20%, panjang kombinasi 5 dan top list 6. Output yang dihasilkan sistem dengan inputan tersebut berupa 6 pola jenis barang. Semua pola yang terbentuk mempunyai item Kaos Lgn Pnd O-Neck sebagai consequent dengan nilai hasil akhir support x confident tertinggi sebesar 0,5740%. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam mempertimbangkan keputusan bisnis dan strategi pemasaran pada ritel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.15/17 Ach p
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Association Rule, FP-Growth, Pola Data Transaksi Penjualan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD AGOEH B, 081116024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTaufik, ST., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:26
Last Modified: 27 Dec 2017 16:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item