RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN UJIAN DI FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN ALGORITMA GENETIKA

FITRIANA DZULFAIDAH, 081211631006 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN UJIAN DI FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN ALGORITMA GENETIKA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.22.17 . Dzu.r - ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.22.17 . Dzu.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penjadwalan ujian di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merupakan aktivitas yang sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyusunnya, karena melibatkan banyak data, seperti data mata kuliah, mahasiswa, dosen, pengawas, ruang, serta waktu ujian. Hal tersebut mengakibatkan jadwal ujian yang dihasilkan menjadi kurang optimal dan masih sering menemui pelanggaran. Sehingga Fakultas Vokasi membutuhkan sebuah sistem yang dapat menghasilkan jadwal ujian hasil kombinasi terbaik dari data yang terlibat dengan waktu yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan untuk penjadwalan ujian yang dapat menghasilkan jadwal ujian hasil kombinasi terbaik dari mata kuliah, mahasiswa, dosen, pengawas, ruang, dan waktu ujian dengan memperhatikan kendala-kendala dalam penjadwalan ujian menggunakan Algoritma Genetika. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap. Tahap pertama merupakan komunikasi untuk mengumpulkan data dan informasi terkait penjadwalan ujian di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Tahap kedua yaitu perencanaan untuk menyusun aktivitas yang dilakukan selama penelitian beserta estimasi waktunya. Tahap ketiga adalah pemodelan yang terdiri dari analisis dan perancangan. Analisis meliputi analisis kebutuhan pengguna, hard dan soft constraint, basis data, dan Algoritma Genetika. Sedangkan perancangan dilakukan untuk menghasilkan model Algoritma Genetika, basis data, use case, activity diagram, dan desain antarmuka. Tahap keempat yaitu pembangunan dan pengujian sistem. Pada tahap terakhir, dilakukan peyerahan dan evaluasi sistem untuk mendapatkan feedback pengguna. Hasil evaluasi sistem menunjukkan bahwa jadwal ujian hasil generate sistem belum cukup baik dibandingkan dengan jadwal ujian manual, hal tersebut dibuktikan dengan nilai fitness jadwal ujian manual lebih besar daripada jadwal ujian yang dihasilkan oleh sistem. Sedangkan evaluasi berdasarkan user acceptance testing menunjukkan bahwa sistem memiliki kemudahan penggunaan, kebergunaan, kelengkapan, dan kehandalan sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.22/17 Dzu r
Uncontrolled Keywords: sistem Pendukung Keputusan, Penjadwalan Ujian, Algoritma Genetika
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
FITRIANA DZULFAIDAH, 081211631006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Herawatie, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:15
Last Modified: 27 Dec 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item