PERUBAHAN REGULASI DAN KONFLIK PERAN: STUDI PADA PERUBAHAN REGULASI PENINGKATAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

ANESTI EKA MARIETTA B., NIM: 041311233047 (2017) PERUBAHAN REGULASI DAN KONFLIK PERAN: STUDI PADA PERUBAHAN REGULASI PENINGKATAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 147_17 Mar p ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 147_17 Mar p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tuntutan pekerjaan professional tidak terlepas dari adanya konflik baik konflik antar personal maupun konflik intra personal seperti konflik peran. Menurut definisi Luthans (1989), konflik peran adalah situasi dalam diri individu yang berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai (goal conflict) dan pertentangan dalam peran yang dimainkan (role conflict). Salah satu profesi yang tidak luput dari konflik peran adalah dosen. Kewajiban seorang dosen mengaplikasikan tridharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat seringkali terkendala karena adanya konflik peran. Perubahan regulasi oleh PERMENPAN RB No. 17 Tahun 2013 mengenai peningkatan penelitian dan publikasi internasional membuat seorang dosen harus meningkatkan kinerjanya untuk menghasilkan penelitian dan publikasi lebih banyak dan berkualitas. Penelitian ini akan mencari temuan mengenai kontribusi perubahan regulasi terhadap konflik peran yang dirasakan dosen perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara sebagai teknik pengambilan informasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, triangulasi, dan menarik kesimpulan. Diperoleh hasil bahwa regulasi berkontribusi memunculkan konflik peran dan tidak berkontribusi memunculkan konflik peran pada saat saat tertentu. Dengan adanya temuan tersebut, diharapkan individu dapat terhindar dari konflik peran, dan diharapkan pembuat regulasi berhati-hati dalam membuat perubahan regulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 147/17 Mar p
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANESTI EKA MARIETTA B., NIM: 041311233047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom (OrgCh).,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Oct 2017 20:05
Last Modified: 04 Oct 2017 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62621
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item