RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI SMP TARUNA JAYA I DENGAN METODE VIKOR DAN TOPSIS

RIVANDA PUTRA PRATAMA, 081311633030 (2017) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI SMP TARUNA JAYA I DENGAN METODE VIKOR DAN TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.23.17 . Pra.r - ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.23.17 . Pra.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pemilihan siswa berprestasi di SMP Taruna Jaya I Surabaya yang selama ini digunakan masih bersifat subjektif dan siswa yang terpilih hanya itu-itu saja. Pihak sekolah telah berencana membuat sistem pemilihan siswa berprestasi baru yang mengacu pada Panduan Penilaian Prestasi Siswa yang telah dibuat. Namun, pihak sekolah belum mengimplementasikan sistem baru karena masih memiliki keterbatasan pada pengolahan data siswa dalam jumlah besar, yaitu proses yang dilakukan membutuhkan usaha yang besar dan waktu yang cukup lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengajukan solusi untuk membangun sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi dengan metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dan Technique for Order Preferences by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS). Penelitian ini membangun sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi melalui 6 tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan informasi melalui wawancara dan analisis dokumen. Tahap kedua adalah pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap ketiga adalah analisis sistem yang meliputi input data siswa, pembobotan kriteria dengan metode AHP, serta perankingan alternatif dengan metode VIKOR dan TOPSIS. Tahap keempat adalah perancangan sistem menggunakan konsep Object Oriented Design. Tahap kelima adalah implementasi sistem berbasis web. Tahap terakhir adalah evaluasi sistem dengan melihat kepuasan user terhadap sistem yang dibangun. Hasil evaluasi sistem menunjukkan bahwa 76,47% responden setuju terkait tampilan sistem yang menarik dan kemudahan bahasa yang digunakan dalam sistem. Kepala sekolah sebagai pengambil keputusan juga sangat terbantu dengan output yang dihasilkan oleh sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.23/17 Pra r
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Siswa Berprestasi, AHP, VIKOR, TOPSIS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
RIVANDA PUTRA PRATAMA, 081311633030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndah Werdiningsih, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
ContributorIra Puspitasari, S.T., M.T., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:15
Last Modified: 27 Dec 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item