ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN MOBILE APP OJEK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2

HANA MAHRIFAH, 081211632017 (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN MOBILE APP OJEK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.24.17 . Mah.a - ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.24.17 . Mah.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel pada model UTAUT2 terhadap perilaku penggunaan mobile app ojek online dan juga untuk memberikan rekomendasi kepada provider mobile app ojek online dalam meningkatkan penerimaan pengguna. Model UTAUT2 merupakan pengembangan dari model UTAUT yang memiliki tujuh konstruk Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Condition (FC), Hedonic Motivation (HM), Price Value (PV), dan Habit (HT). Penelitian ini terdiri dari enam tahap. Tahapan pertama identifikasi variabel penelitian dan hipotesis. Konstruk price value dihilangkan karena mobile app ojek online dapat diunduh secara gratis. Tahap kedua perancangan kuesioner yang berisi 27 butir pernyataan. Tahap ketiga penyebaran dan pengumpulan kuesioner. Tahap keempat pengolahan data dengan metode PLS-SEM. Tahap kelima menganalisis hasil. Tahap keenam menyusun rekomendasi terkait perilaku penggunaan mobile app ojek online sebagai masukan kepada provider. Sampel yang diperoleh adalah 257. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PE, HM, dan HT memiliki pengaruh positif terhadap Behavioral Intention (BI). FC, HT dan BI memiliki pengaruh positif terhadap Use Behavior (UB). Sedangkan EE, SI, dan FC tidak memiliki pengaruh terhadap BI. Rekomendasi yang diberikan diantaranya, menambah manfaat yang lebih besar dan meng-upgrade layanan, melakukan survey pengguna untuk menekankan fungsi dan kegunaan dari sudut pandang pengguna, memperhatikan kecepatan respon dan tampilan yang menarik, memberi ulasan aplikasi pada app store dan membuat promo yang semenarik mungkin, serta fokus dalam penyediaan dukungan teknis seperti pelebaran pada platform dan juga melakukan sosialisasi guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengguna dalam mengoperasikan mobile app ojek online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.24/17 Mah a
Uncontrolled Keywords: Mobile App Ojek Online, Penerimaan Pengguna, UTAUT2
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
HANA MAHRIFAH, 081211632017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:16
Last Modified: 27 Dec 2017 17:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item