PERENCANAAN ARSITEKTUR VISION UNTUK PERUSAHAAN DEVELOPER PROPERTI DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT BUMI CANTIGI)

KINANTI RAMDHANI, 081311633017 (2017) PERENCANAAN ARSITEKTUR VISION UNTUK PERUSAHAAN DEVELOPER PROPERTI DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT BUMI CANTIGI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.28.17 . Ram.p - ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.28.17 . Ram.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menghasilkan rencana arsitektur visi yang dapat digunakan oleh perusahaan developer properti PT Bumi Cantigi dengan kerangka kerja TOGAF ADM. Bisnis properti mempunyai beberapa proses bisnis yang kompleks dan dapat menggerakkan sektor industri lainnya. Maka mengharuskan perusahaan developer properti menerapkan sistem infromasi untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Arsitektur visi salah satu tahap pada TOGAF ADM yang akan membantu perusahaan yang belum menerapkan sistem sama sekali untuk mengembangkan perencanaan sistem yang strategis. Ada dua tahapan utama yang akan dilakukan yaitu tahap pertama adalah statement of architecture work yang dapat dibilang sebuah kontrak pendefinisian ruang lingkup dan keadaan pada saat ini di PT Bumi Cantigi sebelum masuk ke langkah-langkah arsitektur visi. Statement of architecture work melakukan berbagai rangkaian pendefinisan latar belakang dan pandangan mengenai perubahan dari sebelum menerapkan sistem hingga setelah menerapkan sebuah sistem. Hasil dari statement of architecture work berupa sebuah template yang akan di review dan disetujui oleh pihak PT Bumi Cantigi. Tahap kedua yaitu tahap dari arsitektur visi sesuai dengan kerangka kerja TOGAF ADM. Arsitektur visi menghasilkan 3 output utama yaitu pertama stakeholders map matrix guna mengidentifikasi keterlibatan dan kepentingan stakeholder perusahaan. Kedua value chain diagram berguna untuk mengetahui kemampuan dari segala kegiatan utama dan pendukung yang ada di PT Bumi Cantigi dalam penerapan sistem informasi. Yang terakhir solutions concept diagram yang menggambarkan secara singkat solusi yang bermanfaat untuk menjalankan sebuah sistem. Hasil penelitian ini berupa perencanaan arsitektur visi. Berdasarkan hasil evaluasi, arsitektur visi dapat diterima dan dipertimbangkan kepada seluruh stakeholder untuk diimplementasikan di masa yang akan datang. Selain itu, perlu adanya Instalasi Sistem Informasi Developer Properti yang mempunyai peran dan tanggung jawab terkait aplikasi dan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.28/17 Ram p
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Visi, TOGAF ADM, Statement Of Architecture Work
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
KINANTI RAMDHANI, 081311633017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Thesis advisorArmy Justitia, S.Kom., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:17
Last Modified: 27 Dec 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item