PENERAPAN ALGORITMA CAT SWARM OPTIMIZATION (CSO) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (VRPTW)

I’IS SA’DIYAH, 081311233027 (2017) PENERAPAN ALGORITMA CAT SWARM OPTIMIZATION (CSO) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (VRPTW). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPM.34-17 Sa'd p Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPM.34-17 Sa'd p sec.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) menggunakan algoritma Cat Swarm Optimization (CSO). VRPTW adalah salah satu masalah penentuan rute distribusi dimana terdapat sejumlah pelanggan yang dilayani oleh satu depot. Rute harus dirancang sedemikian rupa sehingga setiap pelanggan hanya dikunjungi sekali oleh tepat satu kendaraan dalam rentang waktu tertentu yang berbentuk interval. Setiap rute berawal dan berakhir pada depot, dan total permintaan pelanggan tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan VRPTW adalah algoritma Cat Swarm Optimization (CSO). Algoritma CSO merupakan algoritma yang mengimitasi kebiasaan dari sekumpulan kucing dan perilakunya. Terdapat dua sub mode pada CSO, yaitu mode seeking dan mode tracing. Dalam algoritma CSO terdapat beberapa parameter yakni parameter jumlah kucing (m), Seeking Memory Pool (smp), Count Dimension to Change (cdc), Seeking Range Dimension (srd), Mixing Ratio (mr), dan Konstanta Tracing (c). Program penyelesaian VRPTW menggunakan algoritma CSO dibuat dalam bahasa pemrograman C++ serta diimplementasikan pada tiga contoh kasus yaitu data kecil (25 pelanggan), data sedang (50 pelanggan) dan data besar (100 pelanggan). Berdasarkan hasil implementasi pada ketiga kasus tersebut dengan menggunakan berbagai variasi parameter banyak kucing, cdc, dan maksimum iterasi, didapatkan bahwa ketika jumlah kucing dinaikkan dan cdc diturunkan, penyelesainnya cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.34/17 Sa'd p
Uncontrolled Keywords: Cat Swarm Optimization, Vehicle Routing Problem (VRP), Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
I’IS SA’DIYAH, 081311233027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pertiwi, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:10
Last Modified: 11 Dec 2017 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item