ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENCARI INFORMASI KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL PROTECTION MOTIVATION THEORY (PMT) DAN THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

ALIA FIRDAUZY, 081311633060 (2017) ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENCARI INFORMASI KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL PROTECTION MOTIVATION THEORY (PMT) DAN THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.29.17 . Fir.a - ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.29.17 . Fir.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media sosial memberikan kemudahan untuk mengakses informasi, salah satunya untuk memperoleh informasi kesehatan. Bagaimanapun, dibalik kemudahan mencari informasi kesehatan di media sosial, tumbuh rasa kekhawatiran tentang isi kelengkapan, akurasi, dan kredibilitas informasi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel yang ada pada model Protection Motivation Theory (PMT) dan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) terhadap perilaku penggunaan media sosial untuk mencari informasi kesehatan dan juga memberikan rekomendasi terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan media sosial yang terpercaya dan akurat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengetahuan bagi dunia pendidikan tentang model PMT dan UTAUT, serta memberi rekomendasi kepada pengembang media sosial. Tahapan penelitian ini meliputi identifikasi variabel dan hipotesis, penentuan populasi dan sampel, penyusunan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, analisis hasil temuan dan penyusunan rekomendasi. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online maupun offline kepada responden yang sudah pernah memanfaatkan media sosial untuk mencari informasi kesehatan. Diperoleh jumlah responden sebanyak 292 dari penyebaran kuesioner. Covariance Based-Structural Equation Modeling (CB-SEM) digunakan sebagai metode penelitian untuk melakukan studi konfirmasi terhadap penelitian terdahulu. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor self efficacy berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use dalam penggunaan media sosial untuk mencari informasi kesehatan. Faktor perceived usefulness, perceived ease of use, perceived severity, response efficacy, dan response costs berpengaruh positif terhadap behavioral intention dalam penggunaan media sosial untuk mencari informasi kesehatan. Behavioral intention berpengaruh positif terhadap usage behavior. Untuk meningkatkan penerimaan penggunaan media sosial untuk informasi kesehatan salah satunya dapat dilakukan dengan sertifikasi kredibilitas website kesehatan, memberi sumber pendukung dari informasi kesehatan, dan membuat tampilan konten informasi kesehatan yang lebih user friendly.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.29/17 Fir a
Uncontrolled Keywords: media sosial, pencarian informasi kesehatan, PMT, UTAUT.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ALIA FIRDAUZY, 081311633060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIra Puspitasari, S.T., M.T., Ph.d.UNSPECIFIED
ContributorDyah Herawatie, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:18
Last Modified: 27 Dec 2017 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item