PENYUSUNAN PANDUAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI PADA RS AURA SYIFA DENGAN KERANGKA KERJA COBIT 5

ARDHI JAYA PERDANA, 081311633054 (2017) PENYUSUNAN PANDUAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI PADA RS AURA SYIFA DENGAN KERANGKA KERJA COBIT 5. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.31.17 . Per.p - ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.31.17 . Per.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit (RS) Aura Syifa telah memiliki divisi khusus yang mengelola layanan TI yaitu bagian TI dan Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS). Namun, deskripsi kerja tersebut masih belum detail dan masih sering terjadi kerancuan dalam penanganan permasalahan yang ada pada rumah sakit. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh belum adanya standar operasional yang berlaku untuk semua aktivitas layanan TI dalam proses bisnis rumah sakit. Ditambah lagi masih ketergantungan pada salah satu staf TI sebagai peran kunci pada proses bisnisnya, sehingga ketika terjadi permasalahan dan staf tersebut tidak berada di rumah sakit maka penanganan permasalahan TI tidak dapat di selesaikan dengan segera. Untuk lebih mengoptimalkan SDM TI perlu adanya penyusunan prosedur pengelolaan SDM TI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pengelolaan SDM TI berupa Standart Operating Procedure (SOP) dengan mengacu pada APO07 Manage Human Resources COBIT 5. Penyusunan prosedur pengelolaan SDM TI dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pengumpulan data yang terkait dengan pengelolaan SDM TI. Kedua Identifikasi kondisi terkini pada RS Aura Syifa meliputi analisis visi dan misi RS Aura Syifa, analisis struktur organisasi RS Aura Syifa, analisis proses pengelolaan SDM TI, identifikasi permasalahan pengelolaan SDM TI. Ketiga identifikasi ideal untuk pengelolaan SDM TI meliputi pemetaan peran RACI Chart COBIT 5, analisis aktivitas KMP APO07 COBIT 5, penyelarasan pengelolaan SDM TI. Keempat penyusunan dokumen SOP untuk pengelolaan SDM TI. Kelima pengujian dokumen SOP yang telah dibuat. Keenam perbaikan dokumen SOP dari hasil evaluasi dokumen SOP SDM TI. Hasil penelian menghasilkan 16 prosedur untuk pengelolaan SDM TI dan mempunyai 15 dokumen (work product) yang terdapat pada pengelolaan SDM TI. Hasil penilaian dokumen SOP mendapatkan nilai rata-rata 3.8 dari nilai maksimal adalah 5. Hal-hal yang perlu diperbaiki pada dokumen SOP antara lain Penulisan nama SOP belum konsisten, Penulisan unit yang terkait dalam setiap SOP belum diurutkan menurut jenjang/jabatan tertinggi, Penataan SOP belum diurutkan mulai dari penerimaan tenaga kerja hingga tenaga kerja tersebut berhenti/pension, Penulisan informasi mengenai SOP seharusnya ditulis lebih spesifik, Format SOP untuk setiap aktivitas seharusnya selalu diberikan header agar lebih mudah memahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.31/17 Per p
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, APO07, Sumber daya Manusia, Pengelolaan, Prosedur.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ARDHI JAYA PERDANA, 081311633054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MTUNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:18
Last Modified: 27 Dec 2017 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item