PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENERALIZED SEQUENTIAL PATTERN UNTUK ANALISA POLA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

SHINTA DWI RAHMAWATI, 081311633020 (2017) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENERALIZED SEQUENTIAL PATTERN UNTUK ANALISA POLA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.33.17 . Rah.p - ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.33.17 . Rah.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan Universitas Airlangga adalah pusat informasi yang berfungsi menyediakan, mengolah, dan menyebarluaskan sumber-sumber informasi/ bahan pustaka yang dibutuhkan oleh civitas akademik. Pada penelitian ini diterapkan metode Association Rule dengan algoritma Generalized Sequential Pattern untuk menganalisa pola peminjaman buku di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Dengan hasil pola dari sistem ini dapat menggali informasi mengenai keterkaitan antar buku pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah memberikan suatu informasi pada pengunjung tentang buku-buku yang berelasi dan rekomendasi buku-buku yang berelasi. Terdapat empat tahap untuk penerapan association rule menggunakan algoritma Generalized Sequential Pattern untuk analisa pola pada data peminjaman buku. Tahap yang pertama adalah pengumpulan data untuk mengidentifikasi input yang dibutuhkan dalam perhitungan metode association rule algoritma Generalized Sequential Pattern. Tahap yang kedua adalah pengolahan data, dengan cara reduksi data sesuai dengan atribut yang dibutuhkan. Variabel yang digunakan merupakan kode anggota, tanggal pinjam, judul dan subjek buku. Tahap yang ketiga adalah pemecahan masalah menggunakan association rule algoritma Generalized Sequential Pattern. Tahap yang terakhir adalah perancangan sistem menggunakan sisflow serta implementasi sistem berbasis web dan evaluasi sistem. Berdasarkan analisis hasil terhadap data peminjaman buku dengan menggunakan minimum support sebesar 5%, minimum confidence sebesar 50%. Output yang dihasilkan sistem dengan inputan tersebut berupa 4 rule untuk judul buku dan 37 rule untuk subjek pada pola data peminjaman buku di perpustakaan. Semua pola yang terbentuk merupakan rule yang berurutan. Hasil penelitian berupa rule yang dapat dijadikan untuk mendukung kemajuan manajemen Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.33/17 Rah p
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Association Rule, Generalized Sequential Pattern, peminjaman buku
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
SHINTA DWI RAHMAWATI, 081311633020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurbandini, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
ContributorBarry Naqoba, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:19
Last Modified: 27 Dec 2017 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item