PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF-ADM

TARA ANDINI SHABRINA PUTRI, 081311633058 (2017) PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF-ADM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.34.17 . Put.p - ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.34.17 . Put.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) adalah salah satu unit penunjang di Universitas Airlangga yang merupakan pusat tempat pembinaan dan pengembangan karir bagi para mahasiswa dan alumni. Dengan kemajuan teknologi saat ini serta tuntutan untuk mengintegrasikan sistem yang ada, PPKK perlu melakukan pengembangan sistem informasi sesuai dengan kebutuhan, dengan mendefinisikan arsitektur enterprise. Untuk mengembangkan perencanaan arsitekturnya, maka akan digunakan kerangka kerja TOGAF ADM Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah perencanaan arsitektur enterprise PPKK Universitas Airlangga menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM sehingga dapat mendukung upaya pengembangan sistem informasi yang terintegrasi. Perencanaan arsitektur akan dibuat melalui enam tahap. Tahap yang pertama adalah pengumpulan dokumen yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Tahapan kedua adalah architecture vision yang bertujuan untuk menciptakan keseragaman pandang mengenai pentingnya enterprise architecture. Tahapan ketiga adalah business architecture yang bertujuan untuk menentukan model bisnis yang diinginkan berdasarkan skenario bisnis dan telah digambarkan 6 rencana proses bisnis baru. Tahapan keempat adalah information system architecture yang meliputi arsitektur data dan aplikasi. Pada arsitektur data telah digambarkan 21 entitas baru serta 7 kandidat aplikasi. Tahapan kelima adalah arsitektur teknologi yang menggambarkan struktur teknologi yang dibutuhkan dan telah digambarkan usulan konfigurasi software dan hardware. Tahapan keenam adalah opportunities and solutions. Hasil dari penelitian ini yaitu blueprint sebagai bagian dari Enterprise Architecture Planning yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan proses secara terintegrasi dengan menyatukan aplikasi-aplikasi sistem informasi pada PPKK. Evaluasi dari hasil penelitian menghasilkan pernyataan bahwa cetak biru arsitektur dapat diterima oleh perusahaan dan dipertimbangkan untuk diimplementasikan beberapa tahun ke depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.34/17 Put p
Uncontrolled Keywords: EAP, TOGAF ADM, Arsitektur Bisnis, Arsitektur Sistem Informasi, Arsitektur Teknologi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
TARA ANDINI SHABRINA PUTRI, 081311633058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MTUNSPECIFIED
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:20
Last Modified: 27 Dec 2017 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item